Lahir dan Besar di Kuta Bali, WNA Inggris Ajukan Diri Jadi WNI

Chusna Mohammad ยท Selasa, 09 November 2021 - 11:51:00 WITA
Lahir dan Besar di Kuta Bali, WNA Inggris Ajukan Diri Jadi WNI
Warga negara Inggris, Afandy Dharma Fairbrother mengajukan permohonan sebagai warga negara Indonesia (WNI). (Foto: Kemenkumham)

DENPASAR, iNews.id - Warga negara asing (WNA) asal Inggris, Afandy Dharma Fairbrother mengajukan permohonan sebagai warga negara Indonesia (WNI). Selain lahir dan besar di Kuta Bali, dia juga aktif dalam kegiatan adat.

Permohonan itu diajukan ke Kantor Hukum dan HAM Bali di Denpasar. "Permohonannya sedang diverifikasi tim kami," kata Kepala Kantor Hukum dan HAM Bali Jamaruli Manihuruk, Selasa (9/11/2021). 

Jamaruli menjelaskan, tim yang melakukan verifikasi terdiri atas Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, imigrasi, Polda Bali dan Direktorat Jenderal Pajak Wilayah Bali. 

Dalam sidang verifikasi, Afandy mengatakan dirinya lahir hingga besar di Bali dan tinggal di Kuta. Dia juga bersekolah dan bekerja di Bali. Pria 36 tahun itu juga aktif ngayah atau mengikuti kegiatan adat di tempat tinggalnya. 

"Dia menyatakan cinta budaya Bali," ujar Jamaruli. 

Tim verifikasi lalu meminta Afandy menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan menghafal Pancasila. Dia juga menjalani tes wawasan kebangsaan. 

"Semua dijawab dengan baik," tutur Jamaruli. 

Dia menambahkan, hasil verifikasi dan kelengkapan selanjutnya akan dikirim ke pusat. "Setelah itu baru turun keputusannya," katanya.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: