Kurir Sabu Asal India Divonis 18 Tahun di PN Denpasar

Antara ยท Jumat, 20 Maret 2020 - 14:24 WIB
Kurir Sabu Asal India Divonis 18 Tahun di PN Denpasar
PN Denpasar menjatuhi vonis 18 tahun penjara kepada dua warga negara India yang menjadi kurir sabu seberat 2,75 Kg ke Bali. (Foto: Antara)

DENPASAR, iNews.id - Pengadilan Negeri (PN) Denpasar menjatuhi vonis dua tahun penjara kepada dua warga negara India, Manjeet Singh (32) dan Harvinder Singh (26). Keduanya bersalah memiliki 2,75 kilogram sabu.

"Menjatuhkan pidana penjara terhadap masing-masing terdakwa selama 18 tahun, denda Rp1 miliar subsider empat bulan penjara," kata majelis hakim yang diketuai oleh I Made Pasek, di Pengadilan Negeri Denpasar, Kamis (19/3/2020).

Vonis yang diterima kedua terdakwa lebih ringan dari tuntutan jaksa penuntut umum yang menuntut pidana penjara 20 tahun dan pidana denda Rp1 miliar subsider empat bulan penjara.

Di hadapan majelis hakim, jaksa menyatakan pikir-pikir atas putusan tersebut. Sedangkan kedua terdakwa melalui penasihat hukumnya juga menyatakan pikir-pikir.

Kasus yang menjerat keduanya berawal pada 2 September 2019. Ketika itu, keduanya menerima paket berisi sabu dari seseorang yang bernama Kulwant Kulkata di negaranya, untuk dibawa ke Bali. Sebagai kurir, mereka dijanjikan upah Rp9 juta.

Selanjutnya pada 3 September 2019, terdakwa Manjeet Singh membuka empat bungkus paket sabu tersebut. Lalu paket itu dibungkus dalam koper dengan tertutup baju milik terdakwa Harvinder Singh.

Saat tiba di Bali, kedua terdakwa ditangkap oleh petugas Polresta Denpasar di hotel tempat keduanya menginap.

Barang bukti yang disita yaitu satu kantong plastik berisi kristal bening sabu-sabu seberat 2.756 gram. Satu tas kain warna biru, empat plastik kosong yang dibalut isolasi, satu tas koper warna biru, satu tas gendong, dan tiga ponsel milik terdakwa.


Editor : Reza Yunanto