Kronologi Lengkap Kebakaran Supermarket Bintang di Seminyak Bali

Aris Wiyanto, Antara ยท Kamis, 16 Januari 2020 - 15:55 WIB
Kronologi Lengkap Kebakaran Supermarket Bintang di Seminyak Bali
Tim Inafis Polresta Denpasar melakukan olah TKP kebakaran di Supermarket Bintang, Seminyak, Kuta, Bali, Kamis (16/1/2020). (Foto: iNews.id/Aris Wiyanto)

DENPASAR, iNews.idTim Inafis Polresta Denpasar melakukan olah TKP kebakaran di Supermarket Bintang, kawasan Seminyak, Kuta, Bali. Dari hasil olah TKP, diduga kebakaran berasal dari percikan api di apotek yang berada di dalam supermarket. Api menyebar cepat hingga melalap belasan toko dan kafe yang ada di sekitarnya.

Kronologi kebakaran tersebut bermula dari petugas keamanan supermarket yang mengetahui kemunculan api dari dalam bangunan.

“Awalnya diketahui jam 2.30 dinihari, mulai dari tempat apotek itu api berasal,” kata manajer Supermarket Bintang, Agus Sanjaya ditemui iNews.id di lokasi, Kamis (16/1/2020).

Petugas kemanan yang melihat api tersebut lalu menghubungi pemadam kebakaran. Sepuluh menit kemudian, pemadam kebakaran datang ke lokasi.

Sayangnya, api keburu membesar hingga menjalar ke belasan bangunan di sekitarnya sebelum pemadam kebakaran memadamkan api.

BACA JUGA: Kebakaran di Kuta Bali, Supermarket Bintang Ludes Terbakar

BACA JUGA: Kebakaran Supermarket Bintang di Seminyak Bermula dari Api di Apotek

Senada dengan Agus, pihak kepolisian juga menyebut kebakaran yang meludeskan supermarket di Jalan Raya Seminyak itu pertama kali diketahui oleh satpam supermarket Wayan Sudarma yang malam itu bertugas.

Saat kejadian, Wayan mengontrol ke areal belakang supermarket dan melihat adanya kobaran api di dalam toko apotek.

Selanjutnya, Wayan sempat meminta bantuan satpam lainnya dan mengambil selang air serta alat APAR untuk disemprotkan ke arah api supaya padam.

Namun, karena kondisi api semakin membesar, akhirnya meminta bantuan kepada pemuda setempat untuk ikut membantu memadamkan api. Karena api terus membesar, akhirnya menghubungi pemadam kebakaran.

"Pada akhirnya saksi memberitahukan kepada Pemuda Seminyak yang kebetulan ada di TKP untuk menghubungi Penerepti Seminyak agar diteruskan ke Kantor PMK, sementara kedua saksi beserta Pemuda Banjar Seminyak berusaha memadamkan Api," kata Kanit Reskrim Polsek Kuta, Iptu Putu Ika Prabawa.

Ia menuturkan, saat pemadam kebakaran datang, api sudah merembet ke bangunan lain hingga total ada 11 bangunan yang ikut tersambar api.

“Kurang lebih 15 menit datang mobil PMK untuk memadamkan api mulai dari Cafe Seminyak hingga kantor supermarket di bagian belakang,” katanya

Supermarket Bintang adalah supermarket terbesar di kawasan tersebut. Akibat kebakaran ini, kerugian ditaksir mencapai Rp50 miliar.


Editor : Reza Yunanto