KPK Sudah Tetapkan Sejumlah Tersangka Kasus Dugaan Suap DID di Tabanan Bali

Ariedwi Satrio ยท Kamis, 28 Oktober 2021 - 19:53:00 WITA
KPK Sudah Tetapkan Sejumlah Tersangka Kasus Dugaan Suap DID di Tabanan Bali
KPK sudah menetapkan sejumlah tersangka kasus dugaan suap DID Kabupaten Tabanan, Bali.. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah menetapkan sejumlah tersangka kasus dugaan suap terkait pengurusan Dana Insentif Daerah (DID) untuk Kabupaten Tabanan, Bali.

Namun, KPK masih belum bisa menginformasikan siapa saja tersangka dalam penyidikan kasus tersebut.

"Pada waktunya nanti kami akan sampaikan secara utuh konstruksi perkara dari hasil penyidikan, pasal yang disangkakan, dan tentu siapa-siapa yang ditetapkan sebagai tersangka," kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri saat dikonfirmasi, Kamis (28/10/2021).

Ali berjanji akan menginformasikan secara detail tersangka serta konstruksi perkara dugaan suap terkait pengurusan Dana Insentif Daerah (DID) untuk Kabupaten Tabanan, Bali. 

Ali juga mengaku akan mengumumkan nama-nama tersangka serta konstruksi setelah adanya proses penangkapan dan penahanan.

Dia mengatakan, penyidik KPK menggeledah sejumlah tempat di Kabupaten Tabanan. Penggeledahan itu merupakan rangkaian penyidikan kasus suap pengurusan Dana Insentif Daerah (DID) Kabupaten Tabanan.

Lokasi yang digeledah, yakni Kantor Dinas PUPR Kabupaten Tabanan, Kantor Bapelitbang Kabupaten Tabanan, Kantor Badan Keuangan Daerah Kabupaten Tabanan, Kantor DPRD Kabupaten Tabanan, dan kediaman pihak yang terkait dengan kasus tersebut.

Saat ini, kata Ali, tim penyidik masih terus bekerja mengumpulkan dan melengkapi alat bukti yang diperlukan dalam proses penyidikan.

"Benar, ada rangkaian kegiatan penyidikan terkait dugaan korupsi pemberian dan penerimaan hadiah atau janji pengurusan Dana Insentif Daerah/DID Kabupaten Tabanan Bali Tahun Anggaran 2018," kata Ali.

KPK meminta agar masyarakat terus memantau perkembangan terkait penuntasan penyidikan kasus ini. Hal itu, menurut Ali, sebagai bentuk transparansi KPK dalam mengusut kasus.

"Kami harap publik terus memantau perkembangan kegiatan ini sebagai wujud transparansi kami sekaligus upaya pelibatan masyarakat dalam setiap kerja-kerja pemberantasan korupsi oleh KPK," katanya.

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: