Kisruh, Penumpang Pesawat di Bali Tak Bisa Refund Tiket dengan Uang

Aris Wiyanto ยท Sabtu, 25 April 2020 - 14:13 WIB
Kisruh, Penumpang Pesawat di Bali Tak Bisa Refund Tiket dengan Uang
Kekisruhan saat penumpang tak dapat refund tiket dengan uang di Bandara Ngurah Rai, Bali. (Foto: iNews/Aris Wiyanto)

BADUNG, iNews.id – Kekisruhan terjadi di Bandara Ngurah Rai, Bali, Sabtu (25/4/2020) siang. Peristiwa ini dipicu kekecewaan para penumpang lantaran maskapai tidak lagi melayani refund tiket dalam bentuk uang.

Awalnya, mereka berencana menukarkan tiket pesawat yang sudah dipesan sebelumnya dengan uang. Sayang pihak maskapai tidak melayani refund tiket dengan uang.

Maskapai menawarkan dua pilihan yakni menjadwalkan ulang penerbangan atau mendapatkan voucher penerbangan selama satu tahun. Sayang pilihan tersebut tidak diminati penumpang.

Pasalnya, mayoritas mereka merupakan pekerja sektor pariwisata di Bali yang kini sudah tidak bekerja lantaran wabah corona. Mereka juga sudah tidak memiliki dana untuk bertahan hidup di Bali.

Seperti salah satu penumpang bernama Geronimo. Dia mengaku sudah tidak memiliki cukup uang untuk makan dan juga membayar kontrakan.

“Uangnya dikembalikan saja untuk kami hidup di sini, tapi maskapai tidak bisa kasih,” katanya.

Hal senada juga disampaikan penumpang lain, Rossa. Menurut keterangan maskapai kepadanya, aturan dari pemerintah tidak menerima refund dalam bentuk uang.

“Tapi bagaiamana, kita sudah tidak kerja di sini, mau bayar kos dari mana,” katanya.

Sebelumnya, aktivitas penerbangan komersil di Bandara Ngurah Rai Bali praktis berhenti setelah pemerintah melalui Kementerian Perhubungan mengeluarkan surat edaran yang melarang kegiatan penerbangan dalam dan luar negeri. Pelarangan ini mulai tanggal 24 April hingga 1 Juni mendatang.


Editor : Umaya Khusniah