Kesadaran Menyukseskan Vaksin Warga Bali Belum Cukup Tekan Covid-19

Antara · Minggu, 09 Mei 2021 - 15:25:00 WITA
Kesadaran Menyukseskan Vaksin Warga Bali Belum Cukup Tekan Covid-19
Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati bersama Kepala Perwakilan BI Bali Trisno Nugroho saat meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di areal Bank  BNI Kanwil 08 Denpasar. Foto: Antara

DENPASAR, iNews.id - Tingginya antusiasme warga Bali dalam menyukseskan vaksinasi Covid-19 belumlah cukup untuk menekan laju pagebluk. Wagub Bali Tjokorda Oka Artha alias Cok Ace meminta warga untuk selalu disiplin menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Cok Ace melihat kesadaran masyarakat Bali untuk menyukseskan vaksinasi Covid-19 cukup tinggi. Hal ini terlihat dari banyaknya warga yang sadar dan ikut untuk mendapatkan layanan vaksinasi. Namun tingginya penerima vaksin di Bali tidak bisa disimpulkan bahwa Pulau Dewata bebas dari pandemi.

Hingga sejauh ini, dari jumlah populasi 4,32 juta jiwa di Bali, 35 persen diantaranya mendapatkan layanan vaksinasi. Bali menjadi prioritas program vaksinasi karena menjadi destinasi wisata unggulan Indonesia.

"Peningkatan kewaspadaan harus tetap dilakukan semua pihak, mengingat penularan Covid-19 varian baru (varian Afrika dan varian Inggris) memiliki risiko penularan yang lebih cepat dari sebelumnya," kata Cok Ace, di Denpasar, Minggu (9/5/2021).

Selain kesadaran masyarakat itu sendiri, ujar Cok Ace, penyiapan vaksinasi oleh berbagai pihak dan instansi juga menjadikan prioritas bagi kesuksesan dalam upaya mengentaskan penularan Covid-19 di Bali.

"Bali mendapatkan prioritas untuk memperoleh vaksin, mengingat Bali merupakan destinasi pariwisata yang hidup dan tumbuh di sektor ini," ucapnya.

Saat meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di areal Bank BNI Kanwil 08 Denpasar pada Sabtu (8/5/2021), Cok Ace menyebutkan, hingga saat ini Bali sudah mendapatkan 1,9 juta dosis vaksin Covid-19.

Editor : Erwin Sihombing