Kepala BNN: Semua Jenis Narkoba Tersedia di Bali

Sindonews.com ยท Rabu, 29 Januari 2020 - 11:50 WITA
Kepala BNN: Semua Jenis Narkoba Tersedia di Bali
Kepala BNN Heru Winarko (kanan) (Foto: iNews.id)

DENPASAR, iNews.id – Sebagai tujuan wisata dunia, Bali juga menjadi incaran sindikat peredaran narkotika. Tak heran jika semua jenis narkotika tersedia di Bali.

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Heru Winarko menyebut Bali sebagai wilayah yang menjadi prioritas bagi sindikat narkotika.

"Beda Bali dengan provinsi lain adalah semua jenis narkoba beredar," kata Heru di Rapat Pimpinan BNN Tahun 2020 di Denpasar, Selasa (28/1/2020).

Salah satu contohnya, kata Heru, di Bali masih mudah ditemukan peredaran narkotika kelas kakap seperti heroin dan kokain. Padahal di daerah lain, dua narkotika itu sudah sulit ditemukan.

“Sedangkan di daerah lain tidak ada beredar heorin dan kokain, tapi Bali masih ada,” kata Heru.

Menurut Heru, kondisi Bali sebagai tujuan wisatawan dunia membuat Bali begitu terbuka dengan kehadiran berbagai warga negara asing. Kondisi itu yang menurutnya sangat berisiko bagi masuknya berbagai jaringan narkotika.

Selama ini, kata Heru, BNN telah memasang teknologi di Bandara Ngurah Rai yang berfungsi untuk mendeteksi sindikat narkoba yang akan masuk maupun keluar Bali.

Teknologi itu terhubung dengan pusat komando BNN. Selama ini, kata Heru, teknologi itu cukup efektif mendeteksi pengiriman narkoba melalui bandara.

Dari teknologi itu pula, BNN mengetahui tren pengiriman narkoba melalui bandara saat ini dengan cara disamarkan dalam parsel.

"Untuk sekarang, tren pengiriman narkoba lewat bandara adalah dengan parsel," ujar jenderal polisi bintang tiga ini.


Editor : Reza Yunanto