Kenalkan ‘Bali Baru’, Kemenparekraf Kurangi Promosi Bali di Travex 2020

Antara · Rabu, 15 Januari 2020 - 17:45 WIB
Kenalkan ‘Bali Baru’, Kemenparekraf Kurangi Promosi Bali di Travex 2020
Wamen Parekraf Angela Tanoesoedibjo (kanan) saat mengunjungi Travex 2020 bersama Duta Besar Indonesia untuk Brunei Darussalam Sujatmiko (kedua kiri) (F oto: Antara)

BANDAR SERI BEGAWAN, iNews.idKementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) kembali memperkenalkan sejumlah destinasi wisata di Indonesia ke mancanegara. Untuk memperkenalkan 10 destinasi wisata ‘Bali Baru’, promosi tentang Bali mulai dikurangi.

Seperti yang dilakukan Kemenparekraf dalam forum Travel Exchange (Travex) 2020. Promosi tentang Bali yang biasa mendominasi destinasi wisata ke Indonesia dikurangi, dan diganti dengan destinasi unggulan lainnya.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani di sela ASEAN Tourism Forum (ATF) 2020 di Gadong, Brunei Darussalam, Rabu, mengatakan Indonesia juga mulai memperkenalkan destinasi unggulan selain Bali dalam Travex 2020.

"Dalam kegiatan itu kami mulai kurangi dominasi Bali, bukan karena apa, tapi ini saatnya kami perkenalkan destinasi lain. Tapi Bali tetap bisa komunikasi langsung," kata Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenparekraf, Rizki Handayani disela ASEAN Tourism Forum di Brunei Darussalam, Rabu (15/1/2020).

Rizki menjelaskan, Indonesia juga akan mendorong promosi destinasi wisata unggulan lain seperti Danau Toba dan Labuan Bajo.

"Tapi Danau Toba atau Labuan Bajo kan siapnya baru live aboard (di kapal), tapi destinasi di daratannya belum ada. Mumpung masih persiapan infrastruktur di sana, kita tetap bawa Yogyakarta, Kepulauan Riau, Jawa Tengah dan lainnya," ujarnya.

Presiden Joko Widodo sebelumnya mencetuskan 10 destinasi unggulan pengganti Bali, yang disebut juga sebagai ‘Bali Baru’.

Adapun 10 destinasi wisata prioritas tersebut adalah Danau Toba di Sumatera Utara, Tanjung Kelayang di Kepulauan Bangka Belitung, Tanjung Lesung di Banten, Kepulauan Seribu di Jakarta, Borobudur di Jawa Tengah, Bromo Tengger Semeru di Jawa Timur, Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, Wakatobi di Sulawesi Tenggara, dan Morotai di Maluku Utara.

Pada ajang Travex 2020, Indonesia menghadirkan Paviliun Indonesia yang pada hari pertama dibuka dan dikunjungi langsung Wakil Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo, dan Duta Besar Indonesia untuk Brunei Darussalam, Sujatmiko.

Travex 2020 digelar bersamaan dengan ATF 2020 merupakan ajang pameran pariwisata negara-negara Asia Tenggara yang mempertemukan pelaku bisnis di sektor tersebut.


Editor : Reza Yunanto