Kasus Rabies Meningkat, Pemkab Buleleng Minta Warga Ikut Cegah Penularan 

Antara · Senin, 05 Desember 2022 - 18:34:00 WITA
Kasus Rabies Meningkat, Pemkab Buleleng Minta Warga Ikut Cegah Penularan 
Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Bali Gede Suyasa. (iNews.id/Pande Wismaya)

BULELENG, iNews.id - Kasus rabies di Buleleng, Bali, terus meningkat. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng meminta masyarakat ikut membantu mencegah meluasnya penyakit tersebut.

"Pemkab Buleleng melalui bupati sudah bersurat dan mengimbau kepada masyarakat untuk turut serta mencegah rabies dan vaksinasi untuk hewan juga terus berjalan," kata Sekda Buleleng Gede Suyasa, Senin (5/12/2022).

Menurut Suyasa, Pemkab Buleleng telah melakukan berbagai upaya untuk pencegahan maupun pengobatan terhadap korban yang mengalami gigitan hewan penyebab rabies.

Upaya yang dilakukan mulai dari memberikan imbauan kepada masyarakat untuk memelihara hewannya dengan baik, memberikan vaksin kepada hewan peliharaan warga, hingga menyediakan vaksin anti rabies (VAR).

Menurutnya, Pemkab Buleleng sementara ini hanya mengeluarkan surat edaran untuk memberikan imbauan kepada masyarakat. Namun jika situasinya mendesak bisa saja ditetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB).

"Kalau memang mendesak dalam produk hukum yang lebih tinggi, tentu kita akan ikuti. Tapi kita kan lihat dulu kondisi aktualnya terhadap kriteria apakah itu termasuk kategori KLB atau bukan," katanya.

Editor : Reza Yunanto

Follow Berita iNewsBali di Google News

Bagikan Artikel: