Kasus Positif Covid-19 di Buleleng Bertambah 2 Orang dari Transmisi Lokal

Pande Wismaya ยท Selasa, 19 Mei 2020 - 19:42 WIB
Kasus Positif Covid-19 di Buleleng Bertambah 2 Orang dari Transmisi Lokal
Satu dari empat anggota keluarga PDP 51 yang diambil tes swab dinyatakan positif Covid-19 (dokumetasi iNews.id)

BULELENG, iNews.id – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Buleleng mengumumkan penambahan dua kasus baru warga yang terkonfirmasi positif. Dua kasus baru ini penularannya dari transmisi lokal.

Kasus baru yang terkonfirmasi positif yaitu pasien register PDP 58, tertular dari PDP 51. “PDP 58 sebelumnya dijemput petugas puskesmas untuk dites swab bersama tiga anggota keluarga,” kata Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa dalam jumpa pers Selasa (19/5/2020).

Seperti diketahui PDP 51 merupakan pegawai Kantor Camat Seririt yang bertugas menjemput pekerja migran dari Denpasar ke Buleleng, untuk dikarantina. Diduga dia tertular dari pekerja migran.

Dari hasil tracing pasien nomor 51 ini, seluruhnya sudah dirapid test, baik dari keluarga maupun lingkungan kerjanya. Di lingkungan rumahnya, ada 13 orang yang dirapid test, yaitu dari anggota keluarga yang tinggal satu rumah, dan tetangga yang sempat kontak langsung.

Dari 13 orang, empat orang terdiri atas ayah, istri yang sedang mengandung tujuh bulan, anak usia 5 tahun, dan adik dari PDP 51, dinyatakan reaktif. Keluarga ini kemudian dites swab.

“Dari anggota keluarga PDP 51 yang sudah telah dites swab, satu orang terkonfirmasi positif,” kata Suyasa. Sementara, untuk 26 orang di lingkungan kerja PDP 51, dari 26 orang yang dirapid test sebanyak 14 orang menunjukkan reaktif.

“Untuk yang 14 orang di Kantor Camat Seririt yang rapid test menunjukkan reaktif juga sudah diswab, Astungkara semuanya negatif,” ucapnya.

Penambahan pasien positif yang juga transmisi lokal berasal dari Kecamatan Sawan, yaitu register PDP 55 tertular dari PDP 54 yang Senin (18/5/2020) telah dinyatakan sembuh. “Jadi ini seperti gantian, PDP 54 sembuh lalu PDP 55 masuk,” kata Suyasa.

PDP 54 proses penyembuhannya cukup cepat, hanya dirawat tiga hari saja di rumah sakit. “Sekali swab positif, lalu swab selanjutnya dua kali negatif,” kata Suyasa. Satu lagi pasien sembuh yaitu PDP register 35 pedagang dari Desa Bondalem, yang perawatannya sempat dirujuk ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah Denpasar.

Dengan demikian jumlah pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 dari Buleleng menjadi 50 orang, yang berhasil sembuh 30 orang, dan dirawat ada 20 orang. “Kita masih merawat 20 pasien positif Covid-19, 14 orang dirawat di Rumah Sakit Pratama Giri Emas, dan yang enam orang dirujuk ke Denpasar,” katanya.

Dari 20 orang yang dirawat, 10 orang di antaranya merupakan pedagang dari Desa Bondalem. Selain pasien positif Covid-19, ada dua orang berstatus PDP yaitu register 56 berasal dari Kecamatan Seririt dan 57 berasal dari Kecamatan Kubutambahan yang dirawat di rumah sakit karena menunggu hasil swab.

“Khusus untuk pasien 57 harus dirujuk ke Denpasar karena mengalami sesak napas dan pneumonia,” ucap Suyasa.


Editor : Dewi Umaryati