Kapal Kargo Hilang di Laut Bali, Pencarian Diperluas hingga Perairan Madura

Aris Wiyanto, Sindonews, Miftachul Chusna ยท Jumat, 05 Juni 2020 - 13:01 WIB
Kapal Kargo Hilang di Laut Bali, Pencarian Diperluas hingga Perairan Madura
Tim Basarnas Bali cari kapal kargo Odyssey yang hilang di perairan Bali. (Instagram)

DENPASAR, iNews.id - Basarnas Bali masih terus melakukan pencarian kapal kargo Odyssey yang hilang kontak di perairan Bali. Pencarian diperluas hingga ke perairan Sapeken, Madura.

"Kita melibatkan helikopter dalam proses pencarian," ujar Kepala Kantor Basarnas Bali, Gede Darmada dihubungi, Jumat (5/6/2020).

Kapal Odyssey dilaporkan hilang saat berada di perairan Bali, Rabu (3/6/2020).

Pada pencarian hari pertama, Kamis (4/6/2020) kemarin, kapal yang mengangkut 21 awak tersebut belum ditemukan. Pencarian yang mengerahkan Kapal SAR Arjuna 229 di sekitar Pulau Kangean juga terkendala cuaca buruk yakni gelombang laut tinggi.

Gede Darmada mengatakan, pada pencarian hari kedua ini tim melakukan pencarian di sekitar perairan Sapeken, Madura dengan luas area pencarian 810 notikal mil persegi.

Diberitakan sebelumnya, kapal kargo milik PT Odyssey Maritim Nusantara itu sempat terdeteksi berada pada jarak 43 notical mile utara Kubu, Kabupaten Karangasem.

Meski terdeteksi, kapal tidak bisa dikontak. Komunikasi terakhir dilakukan ketika kapal sepanjang 94 meter itu berada di posisi 6 notikal mil timur laut Gili Trawangan, Lombok, 29 Mei 2020 lalu.

Kapal Odyssey bertolak dari Semarang, Jateng pada 20 Mei 2020 lalu dengan tujuan Bima, Nusa Tenggara Barat. Menurut jadwal, kapal sepanjang 94 meter itu seharusnya tiba di Bima pada Selasa, 2 Juni 2020 lalu.


Editor : Reza Yunanto