Kapal Ikan KM Tanjung Permai Hilang Kontak di Selat Badung

Bagus Alit ยท Selasa, 06 Oktober 2020 - 16:05:00 WITA
Kapal Ikan KM Tanjung Permai Hilang Kontak di Selat Badung
Basarnas Bali melakukan pencarian kapal ikan KM Tanjung Permai yang hilang kontak di perairan Selat Badung. (iNews.id/Bagus Alit)

BADUNG, iNews.id - Kapal ikan KM Tanjung Permai hilang kontak di perairan Selat, Badung, Bali. Kapal tersebut terakhir kontak dengan PT Lianinti Abadi pada Senin (5/10/2020) pukul 21.00 WITA.

"Kami baru menerima laporan dari PT Lianinti tadi pagi sekitar pukul 10.00 WITA," kata Kepala Seksi Operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Denpasar, Anak Agung Alit, Selasa (6/10/2020).

Dari laporan tersebut, KM Tanjung Permai disebutkan melakukan pergerakan dari Benoa menuju Selat Badung. Dalam komunikasi terakhir itu, kapten kapal Solihin menginformasikan kapal kemasukan air dan sedang berusaha mengatasi. Namun sejak komunikasi terakhir dengan PT Lianinti itu, kapal tersebut tidak bisa dihubungi lagi.

Kordinat kapal terdektesi terakhir berada pada 08 derajat 55 menit south - 115 derajat 1 menit 5 detik east. Basarnas Bali telah mengerahkan KN SAR Arjuna dan satu helikopter untuk mencari keberadaan kapal.

"Untuk melakukan pencarian kita berkordinasi dengan potensi SAR seperti TNI AL dan Polairud," tuturnya.

Dia menambahkan, Basarnas menyayangkan kapal tidak dilengkapi alat pendukung keselamatan darurat seperi EPIRB dan telepon satelit. Sebab ketiadaan peralatan tersebut membuat kapal tak memiliki alat pemancar sinyal darurat untuk mengetahui lokasi terakhir.


Editor : Reza Yunanto