Kain Bali Kotak Hitam Putih, Ini Makna dan Fungsinya

Reza Yunanto ยท Jumat, 09 Desember 2022 - 18:00:00 WITA
Kain Bali Kotak Hitam Putih, Ini Makna dan Fungsinya
Kain Bali kotak hitam putih menutupi pohon. (Foto: Instagram @me_nyulam)

JAKARTA, iNews.id - Kain Bali kotak hitam putih seringkali ditemui di berbagai tempat di Bali. Kain ini menjadi ciri khas yang membedakan Bali dengan daerah lain di Indonesia.

Kain Bali kotak hitam putih disebut juga sebagai Kain Poleng atau Saput Poleng. Saput berarti membalut, sedangkan Poleng adalah istilah untuk menyebut warna hitam putih yang berselang-seling.

Makna Kain Bali Kotak Hitam Putih

Kain motif kotak-kotak berwarna hitam putih di Bali memiliki makna penting. Warna hitam dan putih sebagai simbol Rwa Bhineda, yang dalam kepercayaan masyarakat Bali merupakan representasi dua sifat yang saling bertentangan: baik dan buruk.

Penggunaan kedua warna ini memberikan keseimbangan seperti yang terjadi di alam semesta.

Fungsi Kain Hitam Putih Bali

Pecalang di Bali menggunakan kain kotak hitam putih (Foto: Ketut Catur Kusumaningrat)
Pecalang di Bali menggunakan kain kotak hitam putih (Foto: Ketut Catur Kusumaningrat)

Bila berada di Bali, kain kotak-kotak hitam putih itu terlihat menutupi pohon atau patung. Biasanya, pohon atau patung yang ditutupi dengan kain kotak-kotak hitam putih itu diyakini menjadi stana sosok tertentu.

Selain digunakan untuk menutupi pohon atau patung, kain hitam putih itu juga memiliki fungsi lain. Kain motif kotak-kotak hitam putih ini digunakan oleh petugas keamanan adat di Bali yang disebut pecalang.

Editor : Reza Yunanto

Follow Berita iNewsBali di Google News

Bagikan Artikel: