Kabar Baik, Bali Nol Kasus Penyakit Mulut dan Kuku

Antara ยท Senin, 05 September 2022 - 09:11:00 WITA
Kabar Baik, Bali Nol Kasus Penyakit Mulut dan Kuku
BNPB menyatakan Bali nol kasus penyakit mulut dan kuku (PMK). (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengumumkan Bali nol kasus penyakit mulut dan kuku (PMK). Ada delapan provinsi yang tidak lagi ditemukan kasus PMK di wilayahnya.

"Sejak 15 Agustus 2022 hingga sekarang tidak ditemukan lagi kasus PMK di delapan provinsi ini," kata Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB, Jarwansyah, Minggu (4/9/2022).

Selain Bali, tujuh provinsi lain yang mencatat nol kasus PMK adalah DKI Jakarta, Kepulauan Riau, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sumatera Selatan dan Sulawesi Barat.

Jarwansyah mengatakan, kasus PMK tertinggi di Indonesia ditemukan di Jawa Timur dengan 64.207 kasus. Disusul Jawa Tengah 17.159 kasus dan Nusa Tenggara Barat 16.099 kasus.

Menurutnya, penularan virus PMK sangat cepat. Sebab penularan virus tidak hanya melalui kontak fisik sesama hewan, namun bisa melalui manusia, barang, kendaraan dan media lain termasuk udara.

Satgas PMK telah menyarankan empat strategi penanganan PMK yang dianjurkan yakni biosecurity, pengobatan, pemotongan bersyarat, dan vaksinasi.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: