Jelang Sidang Kasus Jerinx, PN Denpasar Gelar Koordinasi bersama Polda Bali

dewi umaryati ยท Rabu, 07 Oktober 2020 - 17:57 WITA
Jelang Sidang Kasus Jerinx, PN Denpasar Gelar Koordinasi bersama Polda Bali
Ketua PN Denpasar Sobandi berkoordinasi dengan Polda Bali dan kejaksaan terkait pelaksanaan sidang offline Jerinx dengan agenda pemeriksaan saksi, Rabu (7/10/2020). (Foto : Dewi Umaryati)

DENPASAR, iNews.id – Pengadilan Negeri (PN) Denpasar mempersiapkan secara detail pengamanan jelang persidangan keenam kasus ujaran kebencian, dengan terdakwa musisi I Gede Ari Astina alias Jerinx, pada Selasa (13/10/2020). Rapat koordinasi dipimpin Ketua PN Denpasar, Sobandi.

Rapat ini juga dihadiri Direktur Reskrimsus Polda Bali Kombes Yuliar Kus Nugroho, Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Denpasar, Asisten Pidana Umum (Aspidum) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Bali, Kasi Pidum Kejaksaan Negeri (Kejari) Denpasar, serta Brimob Polda Bali.

“Pengadilan Negeri telah berkoordinasi dengan kejaksaan dan petugas pengamanan untuk menjaga ketertiban sidang dan menegakan protokol kesehatan, dengan memperhatikan kapasitas jumlah pengunjung sidang,” kata Sobandi, Rabu (7/10/2020).

Seperti disampaikan dalam agenda sidang sebelumnya pada Selasa (6/10/2020) lalu, dalam putusan sela, majelis hakim yang dipimpin Ida Ayu Nyoman Adnya Dewi memutuskan untuk menggelar sidang secara offline atau tatap muka.

“Kapasitas pengadilan hanya 130 orang dan jumlah ini bukan hanya untuk pendukung Jerinx, tetapi semua pengunjung termasuk masyarakat pengunjung sidang untuk perkara yang lain juga,” katanya.

Selain aparat kepolisian untuk menyeleksi pengunjung sidang, PN Denpasar juga melibatkan pengamanan internal mendata yang boleh masuk ke area pengadilan.

“Dari dua akses pintu gerbang, kita akan tutup sebelah kiri (utara). Yang sebelah kanan (selatan) kita buka dan petugas akan memberikan kartu identitas pengunjung pengadilan,” kata Sobandi.

Sobandi mengingatkan agar seluruh pengunjung sidang dapat menjaga tata tertib selama sidang berlangsung. “Jika sampai ada yang berbuat onar maka aparat keamanan akan langsung bertindak,” ucapnya.

Sobandi juga mengingatkan kepada pengunjung sidang agar menaati protokol kesehatan, dengan cara menjaga jarak, selalu memakai masker, mencuci tangan di tempat yang telah disiapkan, serta ada pengukuran suhu sebelum masuk ke area dalam pengadilan.

Hal yang sama juga diungkapkan Kajari Denpasar Luhur Istighfar saat hadir dalam rapat koordinasi.

“Kita semua siap dan petugas keamanan sudah memetakan pengamanan terhadap terdakwa, agar tidak bercampur dengan pendukungnya yang datang,” ujarnya.


Editor : Dewi Umaryati