Ini Alasan KPU Karangasem Baru Tetapkan 1 Pasangan Calon

Yunda Ariesta ยท Rabu, 23 September 2020 - 16:50:00 WITA
Ini Alasan KPU Karangasem Baru Tetapkan 1 Pasangan Calon
Ketua KPU Karangasem Gede Krisna Adi Widana memimpin pleno tertutup hanya menetapkan satu pasangan calon yaitu Gede Dana - Wayan Artha Dipa, Rabu (23/9/2020). (Foto: Yunda Ariesta)

KARANGASEM, iNews.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karangasem baru menetapkan satu dari dua pasangan calon yang telah mendaftar. Penetapan digelar secara tertutup yang dihadiri seluruh komisioner KPU.

“Pleno hari ini kami hanya menetapkan satu pasangan calon, yakni Gede Dana dan Wayan Artha Dipa,” kata Ketua KPU Karangasem, Gede Krisna Adi Widana, Rabu (23/9/2020).

Menurutnya, satu bakal pasangan calon  Iainnya yakni I Gusti Ayu Mas Sumatri dan I Made Sukarena, belum mendapat penetapan karena belum melengkapi persyaratan administrasi pemeriksaan kesehatan.

Sukarena sebelumnya dinyatakan terpapar Covid-19. Hasil itu diketahui saat mengikuti pemeriksaan kesehatan sebagai bakal calon kepala daerah beberapa waktu lalu.

“Di KPU ada dua tahapan, yakni yang berjalan sesuai normal dan perpanjangan. Karena Pak Sukarena selaku bakal calon wakil bupati sempat terpapar Covid-19 baru menjalani tes kesehatan pada 21 dan 22 September, jadi untuk penetapannya juga mundur,” katanya.

Dia mengatakan, penetapan pasangan Mas Sumatri dan Sukarena pun akan diundur.

“Penetapan pasangan Mas Sumatri dan Sukarena akan dilakukan KPU pada 3 Oktober mendatang,” kata Gede Krisna.

Meski baru menetapkan satu pasangan calon, dia memastikan tahapan pilkada tetap berjalan sesuai jadwal.seperti

Pengundian dan penetapan nomor urut pada Kamis (24/9/2020) akan diikuti satu pasangan Gede Dana dan Artha Dipa.

“Satu pasangan calon ini boleh memulai kampanye pada 26 September. Sementara satu pasangan lagi, yakni Mas Sumatri dan Sukarena baru boleh memulai kampanye 5 Oktober,” katanya.


Editor : Dewi Umaryati