Idap Pneumonia, Lansia 90 Tahun Meninggal di Buleleng Dimakamkan Sesuai Protokol Covid-19

Pande Wismaya ยท Senin, 18 Mei 2020 - 14:00 WIB
Idap Pneumonia, Lansia 90 Tahun Meninggal di Buleleng Dimakamkan Sesuai Protokol Covid-19
Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Covid-19 Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa

BULELENG, iNews.id – Seorang pasien yang sempat dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Buleleng, Bali meninggal pada Sabtu (16/5/2020). Pemakaman pasien dilakukan sesuai protokol Covid-19.

Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa menjelaskan usia pasien ini telah mendekati 90 tahun. Pasien juga memiliki riwayat sejumlah penyakit.

“Usianya telah lanjut dan pasien memiliki riwayat pneumonia,” kata Suyasa, Senin (18/5/2020).

Menurut Suyasa, pasien ini sebelumnya dirawat di rumah sakit swasta kemudian dirujuk ke RSUD Buleleng. Hanya satu hari saja dirawat, pasien ini meninggal.

Dari hasil screening, pasien ini tidak pernah keluar rumah dan memang sudah sakit-sakitan. Mengidap pneumonia bukan sebagai indikator yang bersangkutan terjangkit Covid-19. Namun, tim medis tetap mengambil sampel swab guna memastikan pasien ini terpapar virus corona atau tidak.

“Kalau melihat usianya yang sudah tua, serta penelusuran yang dilakukan pasien ini tidak pernah kontak dengan orang yang berpotensi menularkan Covid-19,” katanya.

Belum dipastikan apakah pasien meninggal itu terpapar Covid-19 atau tidak. Untuk pemakaman menggunakan standar protokol kesehatan Covid-19.

“Sudah dimakamkan sesuai penanganan pasien Covid-19, meskipun hasil tes swabnya belum keluar,” ucap Suyasa.


Editor : Dewi Umaryati