Hindari Kerumunan, Kejari Denpasar Layani Tilang Drive Thru selama Masa Pandemi Covid-19

Antara ยท Selasa, 05 Mei 2020 - 19:56:00 WITA
Hindari Kerumunan, Kejari Denpasar Layani Tilang Drive Thru selama Masa Pandemi Covid-19
Layanan tilang drive thru di Kejari Denpasar. (Foto: Antara)

DENPASAR, iNews.id - Kejaksaan Negeri (Kejari) Denpasar menerapkan layanan tilang dengan sistem drive thru. Layanan ini diberikan untuk menghindari kerumunan di masa pandemi Covid-19.

"Tujuannya memudahkan masyarakat dalam mengambil tilang langsung dari motor dan mengurangi massa berkerumun di tengah wabah ini," kata Kepala Seksi Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejari Denpasar, Eka Widanta dikonfirmasi di Denpasar, Selasa (5/5/2020).

Menurutnya, pelayanan ini membuat masyarakat tidak perlu turun dari kendaraan. Hanya melalui loket dengan memberikan bukti tilang dan diproses oleh petugas dalam waktu singkat.

Layanan drive thru ini juga melaksanakan protokol Covid-19. Petugas di loket memakai masker dan pelindung muka (face shield). Selain itu, pengendara juga wajib mengenakan masker.

Dia mengatakan, penerapan layanan ini tidak memiliki batas waktu dan tetap terlaksana selama masa pandemi.

"Saat ini sudah ada 17 orang yang melewati layanan tilang dengan sistem drive thru ini," katanya.

Layanan tersebut dijadwalkan setiap hari kecuali pada jadwal sidang pengadilan yaitu pada Rabu. Saat ini kejaksaan sedang menjajaki kerjasama dengan kantor untuk pengambilan tilang dan barang bukti.

"Jadi pelanggar bisa bayar diseluruh kantor pos seluruh Bali. Kemudian bukti tilang akan dikirim oleh kantor pos dengan tambahan biaya pengiriman," katanya.

Layanan tilang drive thru ini juga sejalan dengan Pengadilan Negeri Denpasar yang melaksanakan persidangan dengan sistem daring melalui telekonferensi.

Editor : Reza Yunanto