Hadapi Virus Korona, Pemprov Bali Siapkan 2 Rumah Sakit Alternatif Jika RS Rujukan Penuh

Antara ยท Rabu, 04 Maret 2020 - 16:03:00 WITA
Hadapi Virus Korona, Pemprov Bali Siapkan 2 Rumah Sakit Alternatif Jika RS Rujukan Penuh
RSUP Sanglah disiapkan sebagai salah satu rumah sakit rujukan pasien virus korona di Bali. (Foto: iNews.id/Bagus Alit)

DENPASAR, iNews.id - Pemerintah Provinsi (pemprov) Bali menyiapkan Rumah Sakit Universitas Udayana dan Rumah Sakit Bali Mandara sebagai dua rumah sakit alternatif menghadapi virus korona. Dua rumah sakit itu disiapkan jika tiga rumah sakit rujukan penuh terisi.

"Ini untuk kemungkinan terburuk. Tetapi kami berharap dengan kapasitas yang dimiliki di tiga RS rujukan ini sudah cukup karena di RS kabupaten lainnya juga punya tempat isolasi," kata Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati di Denpasar, Selasa (3/3/2020).

Saat ini Pemprov Bali sudah menunjuk tiga rumah sakit menjadi RS rujukan untuk menangani dan mengisolasi pasien yang dikhawatirkan terjangkit virus korona, yakni RSUP Sanglah, RSUD Tabanan, dan RS Sanjiwani Gianyar.

Untuk RSUP Sanglah idealnya untuk empat ruang isolasi tetapi masih bisa dikembangkan lagi menjadi 14 ruang. Sedangkan kapasitas di RS Sanjiwani untuk tiga ruang isolasi dan di RSUD Tabanan untuk tujuh tempat tidur.

"Andaikata kemungkinan terburuk diperlukan memblok satu rumah sakit untuk penanganan masalah korona ini di Bali, itupun akan kami lakukan. Mudah-mudahan tidak terjadi," ucap pria yang akrab dipanggil Cok Ace itu.

RS Universitas Udayana berada di Jimbaran, Kabupaten Badung dengan kapasitas untuk 100 pasien. Sedangkan RS Bali Mandara di Denpasar memiliki kapasitas 200 pasien.

Editor : Reza Yunanto

Follow Berita iNewsBali di Google News

Bagikan Artikel: