Gudang Pengoplosan Elpiji di Buleleng Digerebek Polisi, 1 Pelaku Ditangkap

Chusna Mohammad ยท Kamis, 13 Januari 2022 - 21:16:00 WITA
Gudang Pengoplosan Elpiji di Buleleng Digerebek Polisi, 1 Pelaku Ditangkap
Pelaku pengoplosan elpiji saat diamankan Polres Buleleng. (Foto: ist)

DENPASAR, iNews.id - Polisi menggerebek gudang pengoplosan gas elpiji di Kabupaten Buleleng, Bali. Dalam pengungkapan kasus ini, satu pelaku ditangkap.

Kasat Reskrim Polres Buleleng AKP Yogie Pramagita mengatakan, identitas pelaku yakni berinisial IKA (38). Dia diamankan beserta puluhan tabung elpiji sebagai barang bukti.

"Modusnya mengoplos dari tabung elpiji subsidi 3 kg ke tabung 12 kg lalu dijual dengan harga nonsubsidi," ujarnya, Kamis (13/1/2022). 

Pelaku ditangkap polisi dalam penggerebekan di gudang yang berada di Desa Panji, Rabu (12/1/2022). Saat digerebek, pelaku tertangkap basah sedang mengoplos tabung 3 kg ke tabung 12 kg. 

Dari tempat tersebut, polisi mengamankan 15 tabung gas 12 kg. Kemudian 60 tabung gas ukuran 3 kg, 45 buah segel, 45 karet pengaman dan 10 pipa besi untuk mengoplos gas. 

Kepada polisi, pelaku mengaku memindahkan elpiji dari 4 tabung 3 kg ke satu tabung 12 kg dengan alat pipa besi. Setelah penuh, tabung 12 kg diberi karet pengaman dan segel untuk dijual.

Pengakuannya, aksi kejahatan ini baru dilakukan sejak sebulan lalu setelah berhenti dari tempat kerjanya sebagai agen elpiji di Denpasar.

"Dia dulu agen elpiji jadi tahu caranya mengoplos dari tempat kerjanya yang dulu," ucapnya.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat Pasal 53 huruf b dan c UU Nomor 22 Tahun 2001 tentang Migas.

"Ancaman hukuman maksimal 4 tahun dan denda Rp40 miliar," ujarnya. 

Editor : Donald Karouw

Bagikan Artikel: