Gubernur Wayan Koster Gelontorkan Rp74,65 Miliar untuk Aktifkan Satgas Covid-19 Desa Adat

Reza Yunanto ยท Kamis, 08 Oktober 2020 - 14:32 WITA
Gubernur Wayan Koster Gelontorkan Rp74,65 Miliar untuk Aktifkan Satgas Covid-19 Desa Adat
Gubernur Wayan Koster menggelontorkan dana Rp74,65 miliar untuk mengaktifkan Satgas Gotong Royong Desa Adat. (Foto: Facebook Pemprov Bali)

DENPASAR, iNews.id - Gubernur Bali Wayan Koster mengaktifkan kembali Satgas Gotong Royong Desa Adat untuk membantu penanganan Covid-19. Dana sebesar Rp74,65 miliar digelontorkan untuk membantu operasional seluruh Satgas Gotong Royong di desa adat yang ada di Bali.

Dari jumlah itu, tiap desa adat akan memperoleh Rp50 juta. Dengan suntikan dana itu, diharapkan Satgas Gotong Royong yang menjadi ujung tombak penanganan kasus Covid-19 di Bali bisa berjalan lagi.

"Karena dana desa adat sebesar Rp300 juta yang diberikan di awal tahun itu sebagian sudah dipakai untuk penanganan Covid-19, baik pencegahan maupun juga untuk pemberian bantuan berupa pangan kepada masyarakat di desa. Dan ternyata masih terus berlangsung," ujar Koster dikutip dari laman Facebook Pemprov Bali, Kamis (8/10/2020).

Bantuan dana tersebut diberikan secara simbolis kepada perwakilan Majelis Desa Adat (MDA) di Wantilan Kertha Saba, Denpasar pada Rabu (7/10/2020) kemarin. Sumber dana tersebut dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)-Perubahan Semesta Berencana Bali 2020.

Koster mengatakan, perlunya mengaktifkan kembali Satgas Gotong Royong di desa adat karena kasus Covid-19 di Bali masih belum selesai. Kasus Covid-19 di Pulau Dewata menunjukkan tren meningkat dalam beberapa bulan terakhir.

"Agar dana operasional ini bisa dipergunakan dengan sebaik-baiknya oleh desa adat, khususnya untuk penanganan Covid-19 dan mengaktifkan kembali Satgas Gotong Royong di desa adat," tutur mantan anggota DPR dari PDIP ini.


Editor : Reza Yunanto