Gubernur Wayan Koster: Belum Kondusif Izinkan Wisatawan Asing Berkunjung ke Bali

Antara ยท Senin, 24 Agustus 2020 - 09:35 WITA
Gubernur Wayan Koster: Belum Kondusif Izinkan Wisatawan Asing Berkunjung ke Bali
Gubernur Wayan Koster dalam Rapat Kordinasi penerapan tatanan kehidupan baru di Bali yang akan dimulai 9 Juli 2020. (Foto: Humas Pemprov Bali)

DENPASAR, iNews.id - Gubernur Bali, Wayan Koster, tidak akan terburu-buru membuka pintu untuk wisatawan asing berkunjung ke daerahnya. Sebab perlu persiapan mantang untuk memastikan tidak akan ada peningkatan kasus Covid-19.

Koster mengatakan, tahap ketiga Pemerintah Provinsi Bali memulai aktivitas pariwisata untuk wisatawan asing yang diagendakan mulai 11 September 2020, masih memerlukan pertimbangan secara matang.

"Situasi di Indonesia, termasuk Bali belum kondusif untuk mengizinkan wisatawan asing berkunjung," kata Koster di Kota Denpasar, Bali, Minggu (23/8/2020).

Selain itu Pemerintah Indonesia masih memberlakukan kebijakan yang melarang warganya bepergian ke luar negeri untuk kepentingan wisata sampai akhir 2020. Selain itu pintu masuk wisatawan asing pun masih ditutup sementara.

Pertimbangan berikutnya, kata dia, belum ada satu pun negara di dunia yang memberlakukan kebijakan untuk mengizinkan warganya berwisata ke luar negeri. Pembatasan ini diberlakukan sangat ketat.

"Sebagai contoh, Australia yang warganya paling banyak berwisata ke Bali baru berencana mengizinkan warganya untuk berwisata pada tahun 2021. Demikian pula halnya Tiongkok, Korea, Jepang, dan negara-negara di Eropa," ujar dia.

Menurut Koster, perlu kehati-hatian dan tidak boleh terburu-buru untuk membuka wisatawan asing datang ke Bali. Apalagi daerah ini sebagai salah satu destinasi utama wisata dunia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal