Gubernur Bali Ingin Birokrasi Bekerja Lebih Cepat Pada 2020

Antara ยท Jumat, 10 Januari 2020 - 11:36 WIB
Gubernur Bali Ingin Birokrasi Bekerja Lebih Cepat Pada 2020
Gubernur Bali Wayan Koster. (Foto: iNews.id/Bona Jaya)

DENPASAR, iNews.id – Gubernur Bali Wayan Koster menginginkan birokrasi pemerintahan Pemprov Bali bekerja lebih cepat di tahun 2020. Ia menilai birokrasi berjalan tidak sesuai harapan pada 2019 lalu.

"Saya memandang ini harus dilakukan pada awal tahun, karena saya ingin langkah cepat," kata Koster di hadapan para kepala dan sekretaris Organisasi Perangkat Daerah di Pemprov Bali, di Denpasar, Kamis (9/1/2020).

Koster mengatakan, harus ada peningkatan dan perbaikan kinerja birokrasi di Pemprov Bali di tahun 2020 ini. Itu sebabnya, ia mengaku telah membuat dokumen khusus yang menjabarkan arah program prioritasnya untuk menjadi pedoman kepala OPD.

"Belum ada gubernur yang mau sedetail ini. Biasanya main perintah saja, akibatnya kepala OPD bingung menjabarkan," ujar politikus PDI-P ini.

Koster berharap, jajaran birokrasi Pemprov Bali bisa menjalankan program kerja tahun 2020 dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab, mengingat banyak program strategis yang akan langsung dipimpin oleh dirinya. Koster pun meminta adanya sinergi antar-instansi di Pemprov Bali.

"Jangan bekerja sendiri-sendiri," katanya.

Menurut dia, koordinasi dan sinergitas yang lemah jadi salah satu penyebab masih lambannya birokrasi menyelesaikan tugas-tugasnya.

Sementara untuk 2020, Koster mengatakan akan lebih fokus mengurusi ekonomi Bali setelah tahun 2019 lalu fokus diarahkan kepada adat, budaya, dan lingkungan.

Untuk ketiga hal itu, menurutnya regulasi yang disusun sudah cukup matang sehingga kepala OPD hanya dituntut untuk melaksanakan dengan sebaik-baiknya.


Editor : Reza Yunanto