Gempa Magnitudo 3,3 Guncang Karangasem Bali, Tak Berpotensi Tsunami

Reza Yunanto ยท Sabtu, 15 Februari 2020 - 14:41 WIB
Gempa Magnitudo 3,3 Guncang Karangasem Bali, Tak Berpotensi Tsunami
BMKG

DENPASAR, iNews.id – Gempa dengan magnituodo 3,3 mengguncang Kabupaten Karangasem, Bali sekitar pukul 14.23 Wita, Sabtu (15/2/2020). Gempa tidak berpotensi tsunami.

Menurut analisis Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada di laut pada jarak 20 kkm Barat Laut Lombok Utara, NTB dengan kedalaman 10 km.

Titik kordinat gempa tepatnya berada pada 8,29 Lintang Selatan (LS) dan 115,99 Bujur Timur (BT). Getaran gempa dirasakan dalam skala III MMI di wilayah Karangasem.

“Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu,” kata Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar, Taufik Gunawan melalu keterangan tertulis.

Menurut BMKG, dengan memerhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktifitas sesar aktif di dasar laut. Namun demikian gempa tidak berpotensi tsunami.

BMKG meminta masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Gempa ini adalah yang kedua bagi warga Karangasem. Jumat (17/2/2020) sore sekitar pukul 17.22 Wita, gempa dengan kekuatan sama juga terjadi.


Editor : Reza Yunanto