Evakuasi KM Dharma Rucitra, Bongkar Muat di Padangbai Dipersingkat Jadi 30 Menit

Yunda Ariesta ยท Senin, 15 Juni 2020 - 11:55 WIB
Evakuasi KM Dharma Rucitra, Bongkar Muat di Padangbai Dipersingkat Jadi 30 Menit
KM Dharma Rucitra kandas di Pelabuhan Padangbai, Bali. (Foto: iNews.id/Yunda Ariesta)

KARANGASEM, iNews.id - Evakuasi KM Dharma Rucitra III yang kandas di Pelabuhan Padangbai Bali baru dimulai pagi ini. Aktivitas bongkar muat di pelabuhan itu dipersingkat agar tak mengganggu evakuasi.

Pantauan iNews.id, Senin (15/6/2020) KM Dharma Rucitra III yang sebagian besar badan kapalnya telah tenggelam masih berada di dermaga. Proses evakuasi diawali dengan penurunan alat untuk mengevakuasi kapal. Sedangkan Basarnas dan Polairud melakukan pembersihan dan pengawasan di sekitar lokasi kapal tenggelam.

Selama proses evakuasi, praktis hanya satu dermaga di Pelabuhan Padangbai yang beroperasi normal. Untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan selama belum beroperasinya dua dermaga yang ada, pengelola pelabuhan mempercepat waktu bongkar muat kapal yang merapat.

"Kami mempercepat pemuatan yang sebelumnya 90 menit jadi 30 menit maksimal," kata Koordinator Satuan Pelayanan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XII Bali, Nyoman Agus Sugiarta di Pelabuhan Padangbai, Senin (15/6/2020).

Dia mengatakan, proses bongkar muat yang dipercepat itu untuk mengurai antrean kendaraan yang menumpuk di pelabuhan seperti sebelumnya. Selain itu untuk memecah antrean di pintu masuk pelabuhan, kepolisian telah membuat kantong-kantong antrean kendaraan di sepanjang jalan menuju pelabuhan.

"Hingga saat ini penyeberangan masih didominasi kendaraan logistik," ujarnya.

Sebelumnya, KM Dharma Rucitra mengalami kebocoran di bagian lambung saat merapat di Pelabuhan Padangbai, Jumat (12/6/2020) malam sekitar pukul 21.50 WITA. Akibatnya, kapal miring dan nyaris tenggelam. Seluruh awak kapal dan penumpang berhasil dievakuasi.


Editor : Reza Yunanto