Empat Warga Rumania Pembobol ATM Diusir dari Bali

Miftachul Chusna · Kamis, 10 Desember 2020 - 16:05:00 WITA
Empat Warga Rumania Pembobol ATM Diusir dari Bali
Kemenkumham Bali mendeportasi empat warga negara Rumania pelaku skimming ATM yang telah selesai menjalani hukuman. (Foto: Sindonews.com/Miftachul Chusna)

DENPASAR, iNews.id - Empat warga negara asing (WNA) asal Rumania pelaku pembobolan ATM modus skimming dideportasi ke negaranya. Deportasi dilakukan karena keempatnya telah selesai menjalani hukuman penjara.

Keempat warga Rumania itu yakni Daniel Ionut Mititelu, Alin Ion Ica, Stancu Louis Ilie dan Daniel Vasilica Muresan.

"Sesuai aturan, warga negara asing yang telah bebas dari penjara karena melakukan kejahatan harus dideportasi," kata Kasubag Humas Kanwil Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Bali, Putu Surya Darma, Kamis (10/12/2020).

Dia menjelaskan, proses deportasi dilakukan melalui Bandara Soekarno Hatta dengan maskapai Turkish Airlines TK 0057. Sedangkan pemberangkatan dari Bali menuju Jakarta menggunakan maskapai domestik dengan dikawal delapan petugas imigrasi. 

Keempat bule asal Rumania itu sebelumnya ditangkap Polda Bali di sebuah hotel di Kuta, 13 Maret 2019 silam. Mereka kedapatan melakukan skimming di sejumlah ATM di Kuta dengan korban sebagian besar wisatawan asing. 

Dari hasil pennyelidikan polisi, keempatnya merupakan buronan kasus serupa di negaranya. Oleh Pengadilan Negeri Denpasar, mereka divonis delapan bulan penjara pada 1 Agustus 2019.

Editor : Reza Yunanto