Diduga Rugikan Negara Rp900 Juta, Bumdes Digeledah Kejari Klungkung 

Dewi Umaryati · Kamis, 14 April 2022 - 17:58:00 WITA
Diduga Rugikan Negara Rp900 Juta, Bumdes Digeledah Kejari Klungkung 
Kejari Klungkung Cabang Nusa Penida menggeledah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Karya Mandiri. (Dewi Umaryati/MNC Portal)

KLUNGKUNG, iNews.id - Kejaksaan Negeri (Kejari) Klungkung Cabang Nusa Penida, Bali, menggeledah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Karya Mandiri. Penggeledahan ini dilakukan setelah ada laporan dugaan korupsi yang merugikan negara lebih dari Rp900 juta. 

"Penggeledahan ini dilakukan setelah ada laporan warga yang mengaku kesulitan untuk menarik uang tabungan di Bumdes," kata Kepala Cabang Kejari (Kacabjari) Klungkung di Nusa Penida, I Putu Gede Darmawan Hadi Seputra, yang memimpin langsung penggeledahan, Kamis (14/4/2022).

Penggeledahan ini dilakukan pada Rabu (13/4/2022) di Desa Toyapakeh, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali.

Penggeledahan mendapat pengamanan dari petugas Polsek Nusa Penida, disaksikan langsung Perbekel Desa Kampung Toyapakeh Dwi Jati Susanto, serta sejumlah pengurus Bumdes yakni direktur, manajer hingga bendahara. 

Penggeledahan dilakukan dengan menyisir seluruh meja kerja pimpinan dan pengurus termasuk Seluruh dokumen ditempatkan dalam satu kontainer untuk diteliti lebih lanjut. 

Dokumen yang dibawa penyidik di antaranya ratusan buku tabungan nasabah, sejumlah bundel kitir tabungan, satu bundel buku kas umum Bumdes dari tahun 2014-2017 dan beberapa dokumen penting lainnya terkait pengelolaan keuangan serta sejumlah uang sisa kas sebesar Rp872.700.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: