Detik-Detik Jalan di Gianyar Ambles, Diawali Suara Gemuruh

Chusna Mohammad ยท Senin, 15 November 2021 - 22:35:00 WITA
Detik-Detik Jalan di Gianyar Ambles, Diawali Suara Gemuruh
Jalan raya di Desa Pejeng, Gianyar, Bali, tiba-tiba ambles, Senin (15/11/2021) diawali suara gemuruh. (Foto: MNC Portal/Chusna Mohammad)

DENPASAR, iNews.id - Jalan raya di Desa Pejeng, Gianyar, Bali, tiba-tiba ambles, Senin (15/11/2021). Jalan penghubung antarkabupaten itu kini sudah ditutup total karena membahayakan keselamatan warga khususnya pengguna jalan. 

"Badan jalan nyaris hilang sehingga ditutup total untuk keselamatan warga," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Gianyar I Gusti Ngurah Dibya. 

Dia menuturkan, detik-detik amblesnya jalan tersebut berdasarkan penuturan warga diawali suara gemuruh keras yang diikuti amblesnya sepertiga lebar badan jalan. Beruntung saat kejadian tidak ada warga melintas. 

Dari hasil pengukuran, badan jalan yang ambles itu sepanjang 30 meter dan lebar sembilan meter. Material jalan jatuh ke kedalaman 35 meter.

Dibya menduga, amblesnya jalan disebabkan tanah pondasi yang labil dan terus diguyur hujan terus menerus dalam beberapa hari terakhir. Selain itu, di bawah jalan merupakan gorong-gorong. 

Warga diimbau untuk tidak nekat melintas di lokasi dan mencari jalan alternatif. "Potensi longsor susulan masih ada," ujar Dibya. 

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: