Dendam Kesumat, Pria di Karangasem Aniaya Kakek Tua saat Menggembala Kambing

Yunda Ariesta · Selasa, 31 Desember 2019 - 16:05:00 WITA
Dendam Kesumat, Pria di Karangasem Aniaya Kakek Tua saat Menggembala Kambing
Kadek Budiarta, pelaku penganiayaan kakek tua ditahan di Polres Karangasem. (Foto: iNews.id/Yunda Ariesta)

KARANGASEM, iNews.id – Gelap mata, Kadek Budiarta (30) tega menganiaya Ketut Belongkoran (70), yang tak lain tetangganya sendiri hingga mengalami luka parah di punggungnya. Pemicunya karena korban menggembalakan kambing dan memakan tanaman di sawah milik pelaku.

“Pelaku karena merasa sakit hati dan memiliki dendam terhadap korban,” Kapolres Karangasem Ni Nyoman Suartini saat rilis perkara di Polres Karangasem, Selasa (31/12/2019).

Peristiwa ini bermula saat pelaku melihat korban sedang menggembalakan kambingnya di sawah milik keluarga pelaku di Desa Tianyar, Karangasem, Bali, Sabtu (28/12/2019).

Pelaku yang memang telah lama memendam rasa dendam kepada korban langsung menganiaya korban. Menggunakan benda tajam ia menebas bagian punggung, lengan, dan mulut korban.

Korban mengalami luka parah yaitu luka robek sepanjang 50 sentimeter di bagian punggung, luka robek 10 sentimeter di lengan, dan bibir yang nyaris hancur. Korban kini dirawat di RSUP Sanglah.

Kepada petugas kepolisian, pelaku mengaku memang telah lama memendam dendam terhadap korban yang disebut memiliki perilaku yang tak menyenangkan.

Menurut pelaku, korban kerap menyakiti keluarganya dengan sengaja menggembala kambingnya di sawah milik keluarga pelaku hingga tumbuhan yang ditanam keluarga pelaku habis dimakan kambing milik korban.

Tak hanya itu, korban juga pernah tak memberi akses jalan masuk menuju rumahnya, dan menantang berkelahi orang tua pelaku.

Pelaku kini ditahan di Polres Karangasem untuk menjalani proses hukum selanjutnya. Ia terancam pidana penjara hingga 5 tahun.

“Pasal 351 ayat 2 KUHP diancam hukuman penjara paling lama 5 tahun dan UU nomor 12 tahun 1951,” ujar Suartini.

Editor : Reza Yunanto