Datang dengan Paspor Palsu, WN Nigeria di Bali Dideportasi

Antara ยท Kamis, 15 Oktober 2020 - 09:42 WITA
Datang dengan Paspor Palsu, WN Nigeria di Bali Dideportasi
Imigrasi Bali mendeportasi warga negara Nigeria, Awok Ayoola Kelvin yang masuk menggunakan paspor palsu. (Foto: Humas Kemenkumham Bali)

DENPASAR, iNews.id - Imigrasi Bali mendeportasi warga negara asing (WNA) asal Nigeria karena menggunakan paspor palsu. WNA bernama Awok Ayoola Kelvin itu menggunakan paspor Perancis untuk memasuki Indonesia.

"Waktu dia datang saat pemeriksaan di konter imigrasi dia menunjukkan paspor Perancis yang ternyata palsu," kata Kasubag Humas Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Bali, Surya Dharma di Denpasar, Rabu (14/10/2020).

Saat diperiksa lebih lanjut, pria berusia 33 tahun itu tak hanya memiliki paspor Perancis, tapi juga Nigeria dan Afrika Selatan. Setelah dilakukan konfirmasi ke perwakilan Nigeria, ternyata dia hanya diakui sebagai WN Nigeria dan bukan pemegang paspor dua negara lain.

Dari hasil pemeriksaan petugas Imigrasi, WN Nigeria itu hanya dikenai sanksi administrasi dan diserahkan ke Rumah Detensi Imigrasi.

Tak menunggu lama, Imigrasi Bali langsung mendeportasi WN Nigeria itu keluar dari Indonesia. Dia diterbangkan ke Jakarta, dan dipulangkan dengan maskapai Ethiopia Airlines dari Bandara Soekarno-Hatta.

"Warga asing tersebut melanggar Pasal 119 ayat (2) UU No. 6 Tahun 2011 Tentang Keimigrasian," tuturnya.


Editor : Reza Yunanto