Cegah Narkoba Masuk Bali, Gubernur Koster: Kami Proteksi dengan Alat Canggih

Antara ยท Rabu, 29 Januari 2020 - 14:18 WITA
Cegah Narkoba Masuk Bali, Gubernur Koster: Kami Proteksi dengan Alat Canggih
Wayan Koster (dok iNews.id)

DENPASAR, iNews.idGubernur Bali Wayan Koster meminta Badan Narkotika Nasional (BNN) memasang alat super canggih untuk menekan masuknya narkotika ke Bali. Untuk mendatangkan alat tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali telah menyiapkan anggaran.

“Kami akan proteksi Bali ini dengan peralatan secanggih apapun. Kami menyiapkan anggaran untuk itu,” kata Koster, Rabu (29/1/2020).

Koster mengakui, derasnya narkoba masuk ke Bali tak terlepas dari posisi Bali sebagai tujuan wisata yang disukai para turis dari mancanegara. Karena itu, kata dia, Bali harus mendapat prioritas terbaik dalam pemberantasan narkoba oleh BNN.

"Kami minta treatment khusus karena sebagai destinasi wisata dunia, Bali mengambil risiko cukup tinggi," ujarnya.

Koster juga menjelaskan, kondisi Bali saat ini perlu ditata kembali. Menurutnya, berbagai dinamika pembangunan telah menurunkan berbagai aspek kehidupan yang ada di Bali.

Mantan anggota DPR dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini menyebut, telah menyiapkan program bertajuk “Bersih-bersih”.

"Mulai tahun ini akan melakukan program "bersih-bersih" karena banyak sekali bersih - bersih yang akan kami lakukan. Seperti bersih dari perdagangan ilegal, villa ilegal dan hotel ilegal, karena kami menyadari Bali ini rawan dari berbagai pintu masuk darat, laut maupun udara," katanya.

Dia mengatakan, kebijakan ini telah diterapkan melalui keberadaan Desa Perarem untuk mengatasi peredaran narkoba di tiap Desa Adat di Bali.

"Ada dua daerah yang sudah menerapkan kebijakan ini, itu ada di Kabupaten Badung dan Kota Denpasar melalui perarem yang dibuat untuk mengatasi narkoba di masing desa adat, karena potensinya paling besar memang masuknya dari wisatawan ke Bali," katanya.


Editor : Reza Yunanto