Cegah Corona, PN Denpasar Gelar Persidangan Secara Online Mulai Pekan Depan

Antara ยท Minggu, 29 Maret 2020 - 11:10 WIB
Cegah Corona, PN Denpasar Gelar Persidangan Secara Online Mulai Pekan Depan
Ilustrasi persidangan. (Foto: AFP)

DENPASAR, iNews.id - Proses persidangan di Pengadilan Negeri Denpasar akan berlangsung secara online atau teleconference mulai pekan depan. Hal ini dilakukan sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona.

"Mahkamah Agung melalui Dirjen Badan Peradilan Umum telah mengizinkan untuk seluruh pengadilan di Indonesia melaksanakan sidang online atau teleconference," ujar Ketua PN Denpasar Sobandi, Sabtu (28/3/2020).

Dia menjelaskan, teknis persidangan yaitu Majelis hakim berada di ruang sidang, jaksa penuntut umum diperbolehkan dari kantor dan terdakwa berada di lapas. Nantinya masing-masing akan menggunakan kamera dan dikoneksikan bersama sehingga dapat saling berinteraksi seperti layaknya di ruang sidang.

"Karena masih terbatasnya sarana prasarana teleconference, maka diutamakan sidang untuk yang masa tahanan akan habis serta pidana anak," kata. 

Menurutnya, dalam penerapan sidang online ini juga telah bekerja sama dengan pihak kejaksaan dan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kerobokan.

Persidangan sistem online ini akan diuji coba pada Senin (30/3). Kemudian sidang teleconference mulai dilaksanakan pada Selasa (31/3/2020).

"Untuk pengadilan di daerah lain selain Bali sudah banyak yang melaksanakan. Karena kami menjalani libur Hari Raya Nyepi sehingga baru pekan depan kami praktikkan," kata Sobandi.

Dia juga mengimbau agar para pengunjung sidang dan masyarakat tetap mengikuti arahan dari pemerintah dengan tetap berada di rumah saja.


Editor : Donald Karouw