Bule Penyelenggara Kelas Orgasme Dideportasi, Gubernur Koster: Perbuatannya Rusak Citra Pariwisata Bali

Chusna Mohammad ยท Minggu, 09 Mei 2021 - 17:25:00 WITA
Bule Penyelenggara Kelas Orgasme Dideportasi, Gubernur Koster: Perbuatannya Rusak Citra Pariwisata Bali
Christopher Kyle Martin, WN Kanada penyelenggara kelas yoga orgasme dideportasi. Foto: Chusna Mohammad

DENPASAR, iNews.id - Drama kontroversi iklan kelas yoga orgasme di Ubud Bali telah berakhir dengan dideportasinya Christopher Kyle Martin (38) yang mengiklankan dan menyelenggarakan kelas yoga itu. Gubernur Bali, I Wayan Koster berharap kejadian ini bisa dipetik sebagai pelajaran bagi seluruh wisatawan.

Menurut politisi PDIP itu, Martin layak dideportasi karena selain melanggar keimigrasian, pria asal Kanada tersebut telah merusak citra pariwisata Bali. Dia memastikan jajarannya bakal bersikap tegas agar peristiwa ini tidak terulang kembali.

"Ini (kelas orgasme) sudah merusak citra pariwisata bali. Tidak menghormati nilai-nilai budaya Bali," kata Gubernur Bali I Wayan Koster dalam jumpa pers di Kantor Wilayah Hukum dan HAM Bali di Denpasar, Minggu (9/5/2021). 

Dia menegaskan, Bali tidak alergi menerima wisatawan asing. Tetapi para wisatawan turut diminta untuk  menghormati hukum dan nilai budaya masyarakat setempat. 

"Sudah terlalu lama hal-hal seperti ini dibiarkan," ujarnya. 

Kepala Kanwil Hukum dan HAM Bali, Jamaruli Manihuruk mengatakan, Martin dinyatakan bersalah karena mengganggu ketertiban umum sehingga layak dideportasi sebagaimana diatur dalam Pasal 75 huruf a UU No 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian. 

Martin dideportasi melalui Bandara Ngurah Rai menuju Bandara Soekarno-Hatta sekitar pukul 15.20 Wita. Selanjutnya dia diterbangkan dari Jakarta-Doha-Kanada menggunakan Qatar Airways. 

Editor : Erwin C Sihombing

Bagikan Artikel: