Bule Australia Pemanjat Pohon Keramat di Bali Diusir Paksa

Chusna Mohammad · Rabu, 15 Juni 2022 - 20:56:00 WITA
Bule Australia Pemanjat Pohon Keramat di Bali Diusir Paksa
Bule Australia yang memanjat pohon keramat diusir paksa dari Bali. (Foto: ist)

DENPASAR, iNews.id - Samuel Lockton, bule Australia yang bikin ulah memanjat pohon keramat di Tabanan diusir paksa dari Bali oleh Imigrasi Denpasar, Rabu (15/6/2022). Namun, Samuel tidak di-blacklist alias boleh kembali lagi ke Bali. 

"Dia kita perintahkan paksa meninggalkan wilayah Indonesia hari ini," kata Kepala Kantor Imigrasi Denpasar Tedy Riyandi, Rabu (15/6/2022). 

Samuel meninggalkan Bali dengan penerbangan Jetstar JQ82 sekitar pukul 11.30 Wita menuju Darwin. Karena tidak dideportasi, dia tidak dikawal petugas imigrasi. 

Menurut Tedy, pendeportasian tidak dilakukan karena tidak ada tuntutan dari desa adat tempat Samuel memanjat pohon keramat. 

Selain itu, izin tinggal bule Negeri Kanguru itu masih berlaku. "(Dia) pakai visa on arrival dan masih berlaku. Dia kalau mau tinggal masih bisa cuma kita perintahkan untuk keluar wilayah Indonesia," kata Tedy. 

Karena tidak mendapat sanksi deportasi, otomatis Samuel tidak dimasukkan dalam daftar pencekalan dan blacklist. Dia bisa kapan saja datang lagi ke Bali. 

Tedy berharap ke depannya ada semacam edukasi kepada wisatawan asing yang datang ke Bali. "Ke Bali silakan untuk berlibur, tapi di Bali ini punya adat yang memang patut dihormati," ujarnya. 

Dia menambahkan, memanjat pohon tidak ada masalah, namun di Bali ada pohon sakral dan tempat suci yang memang menjadi tempat sembahyang.

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: