Buaya di Sungai Sangsang Gianyar Diduga Sengaja Dilepas Pemiliknya

Ketut Catur Kusumaningrat · Selasa, 22 Juni 2021 - 14:20:00 WITA
Buaya di Sungai Sangsang Gianyar Diduga Sengaja Dilepas Pemiliknya
Rekaman video buaya muara yang berkeliaran di Sungai Sangsang, Gianyar. Bali. (Foto: iNews/Ketut Catur)

GIANYAR, iNews.id - Buaya berkeliaran di muara Sungai Sangsang di Desa Lebih, Kabupaten Gianyar, Bali mengagetkan warga setempat. Diduga buaya tersebut sengaja dilepas pemiliknya.

Petugas Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bali telah berada di lokasi untuk menangkap buaya tersebut. Namun hingga Selasa (22/6/2021) siang, hewan buas itu belum berhasil ditangkap.

"Ada beberapa pawang buaya juga datang, tapi kondisi dari medan cukup sulit dan buayanya tidak muncul ke permukaan," ujar Kepala SKW II BKSDA Bali, Sulistyo Widodo.

Dari hasil pemantauan, buaya tersebut berjenis buaya muara dengan nama latin crocodylus porosus. Hal ini menjadi tanda tanya karena tidak pernah ada ditemukan buaya muara di lokasi itu selama bertahun-tahun. Diduga buaya tersebut sengaja dilepas oleh pemiliknya.

Dugaan itu ditelusuri oleh Posek Gianyar yang mengumpulkan informasi tentang keberadaan reptil tersebut di sungai yang berbatasan dengan Pantai Lebih ini.

"Informasi ini akan kita dalami untuk penyelidikan lebih lanjut," ujar Kapolsek Gianyar Kompol I Gusti Ngurah Yudisthira.

Buaya tersebut pertama kali ditemukan oleh seorang pemancing pada Senin (21/6/2021) sore. Awalnya, hewan itu dikira biawak yang sedang mencari makan di pinggir sungai.

Editor : Reza Yunanto