Buaya di Kawasan Sanur Bali Diduga Sengaja Dilepas Pemiliknya

Aris Wiyanto ยท Selasa, 04 Februari 2020 - 12:47 WIB
Buaya di Kawasan Sanur Bali Diduga Sengaja Dilepas Pemiliknya
BKSDA Bali menduga buaya muara yang berkeliaran di kawasan pantai Sanur Bali sengaja dilepas pemiliknya. (Foto: iNews.id/Aris Wiyanto)

DENPASAR, iNews.idBuaya yang berkeliaran di kawasan pantai Sanur, Bali diduga sengaja dilepas pemiliknya. Buaya itu kini telah diamankan di Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bali.

“Ini kami menduga ulah orang-orang yang tidak bertanggung jawab sengaja melepas buayanya,” kata Kepala Seksi Wilayah 1 BKSDA Bali, Sumarsono, Selasa (4/2/2020).

Menurut Sumarsono, laporan buaya lepas sudah diterima BKSDA sejak dua bulan lalu di muara Sungai Ayung. Saat itu ada nelayan yang melaporkan melihat buaya muara di muara sungai.

Namun saat dicari, buaya tersebut tidak ditemukan. Hingga akhirnya datang laporan penampakan buaya tersebut di sekitar kawasan pantai Sanur.

Sumarsono menduga, buaya tersebut sengaja dilepas. Sebab, baik di muara Sungai Ayung maupun kawasan pantai Sanur bukan habitat buaya.

Dugaan itu juga diperkuat karena jenis buaya yang ditangkap adalah buaya muara. Buaya jenis itu biasanya diperjualbelikan secara ilegal. BKSDA juga beberapa kali menerima hewan-hewan yang diperjualbelikan secara ilegal

“Dia sudah beli ilegal kemudian nggak mampu kasih makan. Kemudian dia lepas. Atau takut ditangkap petugas lalu secara tidak bertanggungjawab buayanya dibuang sembarangan,” kata Sumarsono.

Diberitakan sebelumnya, seekor buaya muara berkeliaran di kawasan pantai Sanur di Bali pada Senin (3/2/2020) pagi. Sempat membuat resah warga dan wistawan, buaya dengan panjang 1,5 meter itu ditangkap pada malam harinya di semak-semak Muara Tatung, Pantai Padanggalak, kawasan Sanur.


Editor : Reza Yunanto