Bayar PSK Pakai Uang Palsu, Oknum PTT Dicokok Polisi

Anak Agung Ari Wiradarma ยท Kamis, 09 November 2017 - 16:04 WITA
Bayar PSK Pakai Uang Palsu, Oknum PTT Dicokok Polisi
Sejumlah uang palsu yang diamankan dari tangan tersangka. (foto/iNews:Ari Wiradarma)

BANGLI, iNews.id - Jajaran Polsek Bangli, Provinsi Bali, berhasil meringkus seorang tersangka pembuat dan pengedar uang palsu, Kamis (09/11/2017) dini hari. Saat ditangkap, tersangka yang bernama lengkap I Nengah Kariada (26 tahun) ini tengah melakukan transaksi usai kencan dengan seorang PSK.

Tersangka asal Kelurahan Kubu, Kota Bangli ini diketahui pula sebagai Pegawai Tidak Tetap (PTT) di sebuah SMP Negeri di Bangli. Kronologis penangkapan pelaku bermula dari keresahan masyarakat Kota Bangli yang sejak dua bulan terakhir kerap menemukan uang palsu saat sedang bertransaksi.

Saat dilakukan penyelidikan, petugas menemukan petunjuk dari salah satu korban berinisial ML(26 tahun). ML yang berprofesi sebagai PSK ini menerangkan bahwa dirinya baru saja menerima uang palsu dari tersangka. Sebelumnya, tersangka mengajak ML berkencan dengan tarif sebesar Rp 2,6 juta. Atas informasi yang diperoleh dari ML itulah akhirnya polisi berhasil menciduk tersangka.

Dari tangan tersangka, polisi mengamankan sekitar Rp 2,9 juta uang palsu dengan nominal seratus ribuan dan lima puluh ribuan. Polisi juga mengamankan alat dan bahan berupa dua rim kertas berukuran A4, satu unit printer, dan sejumlah ponsel yang diduga digunakan untuk mencetak uang palsu.

Saat diinterogasi, tersangka mengaku awalnya ia mencetak uang palsu untuk mainan anaknya. Kapolsek Bangli, Kompol Dewa Raka mengatakan, uang palsu yang dicetak tersebut memiliki nomor seri yang sama sehingga memudahkan polisi untuk mengenalinya. “Kertas yang digunakan juga beda dari kertas uang biasanya, sehingga lebih mudah dikenali,”ujar Dewa Raka.

Hingga Kamis siang, tersangka masih menjalani pemeriksaan yang intensif di Mapolsek Bangli untuk pengembangan dan penyelidikan lebih lanjut.


Editor : Kastolani Marzuki