Baru Dibuka, RS Khusus Virus Corona di Bali Langsung Rawat 12 Pasien Positif Covid-19

Bagus Alit ยท Kamis, 09 April 2020 - 18:20 WIB
Baru Dibuka, RS Khusus Virus Corona di Bali Langsung Rawat 12 Pasien Positif Covid-19
Perawat di RS PTN Universitas Udayana mengenakan APD. (Foto: Antara)

DENPASAR, iNews.id – Baru mulai beroperasi dua hari, jumlah pasien kasus virus corona (Covid-19) yang dirawat di RS PTN Universitas Udayana (Unud) mencapai 12 orang. Pengelola rumah sakit menyiapkan kamar tambahan mengantisipasi lonjakan pasien.

Informasi yang diperoleh iNews.id, hingga Kamis (9/4/2020) sore sudah ada 12 pasien positif yang dirawat di rumah sakit. Jumlah tersebut bertambah 9 pasien dibanding pada saat mulai beroperasi pada Selasa 7 April 2020 yang baru berjumlah tiga pasien.

Belasan pasien positif tersebut merupakan pekerja migran yang baru tiba di Bali dan menjalani karantina di sejumlah tempat. Setelah menjalani tes, mereka dinyatakan positif terjangkit corona sehingga dipindahkan ke RS PTN Unud.

Menghadapi kemungkinan lonjakan pasien, RS PTN Unud terus menggenjot ketersediaan kamar untuk perawatan pasien. Selain itu juga akan ditambah alat penguji swab test menggunakan metode Polymerase Chain Reaction (PCR)

“Swab sudah bisa dilakukan, hanya saja untuk PCR-nya masih harus ke RSUP Sanglah,” kata Direktur RS PTN Unud, Dr Dewa Putu Gede Purwa Samatra, Kamis (9/4/2020).

Dia mengatakan, alat tes swab menggunakan metode PCR sudah tersedia di Jakarta dan akan segera dikirim ke Bali.

Dengan alat tersebut, dia meyakini deteksi virus corona bisa lebih cepat dan akurat. Dalam satu hari, alat tersebut bisa menguji hingga 50 sampel.

Berdasarkan data yang dilansir Gugus Tugas Pemerintah untuk Covid-19 pada Kamis (9/4/2020), jumlah pasien positif terjangkit corona di Bali mencapai 63 orang. Ada penambahan 14 kasus dibanding sebelumnya.

Sedangkan jumlah pasien sembuh masih 18 orang. Begitu juga dengan pasien meninggal dunia masih 2 orang.


Editor : Reza Yunanto