Banyak Warga Liburan ke Bali, Penumpang Domestik di Bandara Ngurah Rai Melonjak

I Gusti Bagus Alit Sidi W ยท Jumat, 21 Agustus 2020 - 13:38 WITA
Banyak Warga Liburan ke Bali, Penumpang Domestik di Bandara Ngurah Rai Melonjak
Sejumlah penumpang terlihat di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Jumat (21/8/2020). (Foto: iNews/I Gusti Bagus Alit Sidi W)

BADUNG, iNews.id – Masa libur panjang Tahun Baru Islam dimanfaatkan warga dari berbagai daerah di Indonesia untuk berlibur ke Bali, meskipun masih masa pandemi Covid-19. Ini terlihat dari jumlah penumpang domestik yang melonjak di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, di Kuta, Badung.

Pts General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai Rahmat Adil Indrawan mengatakan, peningkatan jumlah penumpang secara signifikan ini sudah terjadi, terhitung sejak tanggal 14 Agustus 2020. Pertumbuhan penumpang rute domestik yang terlayani selama periode libur akhir pekan mencapai kurang lebih 1.000 hingga 1.500 penumpang per hari.

“Alhamdulillah, kita sudah mengalami peningkatan penumpang yang lumayan sejak 14 Agustus lalu dan kebetulan bersamaan dengan libur panjang,” kata Rahmat Adil Indrawan, Jumat (21/8/2020).

Libur panjang ini diharapkan menjadi penanda kembali menggeliatnya penumpang domestik dalam melakukan travelling. Selain itu, momentum ini sekaligus diharapkan menjadi babak baru pulihnya transportasi udara di masa pandemi Covid-19 dan menggeliatkan kembali sektor pariwisata di Bali.

“Mudah-mudahan libur panjang sejak 17 Agustus lalu menjadi momen bagi penumpang domestik untuk kembali travelling ke Bandara Ngurah Rai dan meningkatkan pariwisata di Bali,” kata Rahmat Adil Indrawan.

Berdasarkan data di PT Angkasa Pura I, pengelola Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, sebanyak 6.394 penumpang rute domestik memasuki Bali via pesawat udara pada periode libur Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada tanggal 31 Juli hingga 2 Agustus 2020 lalu. Sementara pada periode libur akhir pekan tanggal 14 hingga 16 Agustus 2020 tercatat sebanyak 11.181 penumpang tiba di Bali melalui penerbangan rute domestik.

Setiap hari, rata-rata sebanyak 3.727 penumpang terlayani di Terminal Kedatangan Domestik Bandara Ngurah Rai. Angka ini mengalami pertumbuhan sebesar 75 persen atau rata-rata harian sebanyak 1.596 penumpang jika dibandingkan dalam dua periode libur akhir pekan tersebut.


Editor : Maria Christina