Bangkitkan Sektor Pariwisata Kembali, Dispar Bali Gandeng ICTM

Bagus Alit ยท Sabtu, 12 September 2020 - 15:00 WITA
Bangkitkan Sektor Pariwisata Kembali, Dispar Bali Gandeng ICTM
Kepala Dinas Pariwisata Bali, Putu Astawa meninjau persiapan protokol kesehatan di objek wisata, Jumat (3/7/2020) (iNews.id/Aris Wiyanto)

DENPASAR, iNews.id - Upaya memulihan ekonomi even Indonesia Corporate Travel and Mice (ICTM) akan berlangsung di lima kota besar di tanah air. Salah satunya yakni berada di Denpasar, Bali.

Jelang penyelenggaraan even perdana di Bali tersebut, Kepala Dinas Pariwisata Bali, Putu Astawa menyatakan siap mendukung gelaran tersebut. Menurutnya, kegiatan tersebut sebagai langkah awal membangkitkan kembali pariwisata Bali yang terpuruk sebagai dampak pandemi.

Seperti diketahui dampak Covid-19 membuat anjlok perekonomian di Bali hingga minus 11 persen. Dengan menggeliatnya ICTM di Bali, tak hanya menyumbangkan devisa bagi juga tapi juga berimbas terhadap berputarnya perekonomian Bali.

"Kami sangat bersyukur dan senang sekali. Itulah salah satu tugas kami di dinas pariwisata kembali menghidupkan pariwisata," kata Putu Astawa.

Sementara itu, event director ICTM 2020, Johanes Chang menjelaskan dipilihnya Bali sebagai tuan rumah perdana karena merupakan ikon pariwisata di tanah air sekaligus daerah pariwisata yang paling siap untuk penyelenggaraan even.

Nantinya, penyelenggaraan sosialisasi roadshow sosialisasi ICTM hanya melibatkan 60 seller di Bali yang akan dibagi menjadi dua sesi. Para seller yang terlibat juga berasal dari sejumlah pelaku pariwisata di Bali mulai dari kalangan hotel, restoran hingga penyedia akomodasi maupun destinasi.

"Bali memang yang paling siap dan Bali ini juga sudah dikenal diseluruh dunia sehingga kami pilih perdana itu Bali," ujar Johanes.

Selain di Bali, even ICTM 2020 juga akan berlangsung di Jakarta, Bogor, Yogyakarta dan Malang.


Editor : Nani Suherni