Baliho Protokol Kesehatan di Gianyar Dirusak, Pelaku Tak Percaya Covid-19

Nyoman Astana ยท Jumat, 21 Agustus 2020 - 08:35:00 WITA
Baliho Protokol Kesehatan di Gianyar Dirusak, Pelaku Tak Percaya Covid-19
Perusakan baliho di Gianyar Bali. (Foto: iNews/Nyoman Astana).

GIANYAR, iNews.id - Baliho imbauan protokol kesehatan yang dipasang aparatur Desa Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali, dirusak orang tak dikenal. Kasus inipun dilaporkan ke polisi, karena dinilai memprovokasi warga.

Ada sejumlah coretan dalam enam baliho yang dirusak ini. Pelaku dinilai tidak percaya dengan pandemi virus corona, sehingga menilai imbauan pemerintah terkait protokol kesehatan sebagai propaganda.

Perbekel Sukawati, Dewa Gede Dwi Putra mengatakan, setelah berkoordinasi dengan perangkat desa, kasus perusakan ini pun dilaporkan ke polisi pada Kamis (20/8/2020) siang.

"Kejadian (perusakan ini), kira-kira pada malam hari," kata Putra di Desa Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali, Kamis petang.

Selain merusak baliho, kata dia, pelaku juga menuliskan kata-kata yang dinilai dapat memprovokasi warga, sehingga masyarakat lalai menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

Kasubbag Humas Polres Gianyar, Iptu I Ketut Suarnata, membenarkan adanya laporan dari pihak perangkat desa terkait aksi perusakan baliho. Ada enam baliho yang dibawa ke Polsek Sukawati sebagai barang bukti.

"Kami sedang menyelidiki kasus ini dengan memeriksa sejumlah CCTV di lokasi sekitar," ujar dia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal