Bali Lanjutkan Vaksinasi di Bulan Ramadan, MUI: Tidak Batalkan Puasa

Antara · Kamis, 15 April 2021 - 10:08:00 WITA
Bali Lanjutkan Vaksinasi di Bulan Ramadan, MUI: Tidak Batalkan Puasa
Vaksinasi di Bali tetap dilanjutkan meski memasuki bulan Ramadan. (Foto: Antara)

DENPASAR, iNews.id - Vaksinasi Covid-19 di Bali tetap berjalan meski sudah memasuki bulan Ramadan. Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bali memastikan pemberian vaksin tidak membatalkan puasa.

"Fatwa majelis ulama telah disampaikan bahwa melakukan vaksi di bulan puasa tidak akan membatalkan puasa. Jadi boleh dilakukan," ujar Ketua MUI Bali, KH Mahrusun Hadyono di Denpasar, Selasa (13/4/2021).

Dia mengatakan, majelis ulama juga telah menyerukan kepada umat Muslim yang belum divaksin untuk tetap melaksanakan vaksinasi kendati sedang berpuasa.

"Memang perlu disampaikan sehingga umat Islam paham bahwa vaksin itu walupun dilakukan di bulan Ramadan tidak masalah," ujarnya.

Dia menuturkan vaksinasi merupakan program pemerintah yang harus didukung oleh ulama. Untuk Bali, vaksinasi bertujuan untuk memulihkan kondisi pariwisata sehingga perekonomian masyarakat bisa membaik.

Di sisi lain dia mengingatkan umat Muslim Bali untuk tidak meninggalkan ibadah puasa meski saat ini dalam situasi pandemi Covid-19.  

Untuk pelaksanaan ibadah di masjid seperti salat Tarawih dan ceramah serta berbuka puasa bersama disarankan untuk membatasi jumlah jemaah dan waktu pelaksanaan.

Editor : Reza Yunanto