Gempa Bali, Kecamatan Seririt Rasakan Getaran Paling Keras

Antara ยท Rabu, 27 Mei 2020 - 15:18 WIB
Gempa Bali, Kecamatan Seririt Rasakan Getaran Paling Keras
ilustrasi gempa bumi

BULELENG, iNews.id - Gempa bumi yang mengguncang Bali siang ini, Rabu (27/5/2020), berpusat di Kabupaten Buleleng. Getaran gempa bermagnitudo 4,4 itu paling keras dirasakan di wilayah Kecamatan Seririt.

Ketua Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buleleng, Ida Bagus Suadnyana mengatakan, dari informasi yang diperoleh, gempa bumi yang terjadi siang ini tergolong gempa bumi dangkal yang berpusat di wilayah daratan. Gempa terjadi akibat pergerakan sesar Seririt.

"Gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar Seririt. Itu getarannya paling kuat terasa di wilayah Seririt," ujarnya, Rabu (27/5/2020).

Terpisah, Camat Seririt, Nyoman Agus Tri Kartika Yudha membenarkan jika getaran gempa yang dirasakan warga Seririt membuat sejumlah warga panik. Bahkan sejumlah pegawai kantor Kecamatan Seririt pun lari meninggalkan gedung.

"Staf ada yang lari keluar gedung. Getarannya sangat terasa sekali," katanya.

Dia mengatakan, terkait gempa ini, dia telah menghubungi seluruh Perbekel di Kecamatan Seririt untuk menyampaikan jika ada korban jiwa maupun kerusakan yang timbul akiba gempa.

"Belum ada laporan kerusakan, tapi saya tetap kontak para perbekel untuk menyampaikan laporan jika ditemukan kerusakan akibat gempa,," ujarnya.

Sebelumnya, Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui akun twitternya @InfoBMKG menyampaikan telah terjadi gempa bumi bermagnitudo 4,4 yang berpusat di 20 km arah barat daya Buleleng pada pukul 10.52 WIB.

Getaran gempa skala MMI III dirasakan di Buleleng. Getaran gempa juga dirasakan skala MMI II di Denpasar, Badung, dan Tabanan.


Editor : Reza Yunanto