Akses Jalan Antardesa di Bangli Jebol Diterjang Arus Sungai

Ari Wiradarma · Selasa, 29 Desember 2020 - 10:45:00 WITA
Akses Jalan Antardesa di Bangli Jebol Diterjang Arus Sungai
Ruas jalan di Kabupaten Bangli, Bali jebol diterjang banjir hingga nyaris terputus pada 13 Oktober 2020 lalu (iNews.id/Ari Wiradarma)

BANGLI, iNews.id - Hujan deras menyebabkan akses jalan kabupaten penghubung antardesa di Kabupaten Bangli, Bali jebol pada Selasa (29/12/2020) dini hari. Akibatnya akses transportasi yang menghubungkan kedua desa terputus. 

Jalan yang jebol tersebut merupakan jalan penghubung antara Banjar Selati di Desa Bunutin, Kecamatan Bangli, dengan Banjar Tanggahan Talangjiwa di Desa Demulih, Kecamatan Susut. Total area yang jebol sepanjang 20 meter dengan kedalaman 18 meter. Ruas jalan yang jebol diapit oleh jurang di kanan-kiri jalan.

Jebolnya jalan ini karena volume air sungai yang berada di bawahnya meluap akibat hujan deras sejak Senin (28/12/2020). Akibat derasnya air sungai, dinding penahan jalan tersebut ambrol. Setengah badan jalan pun ikut tergerus air. 

Saat ini kendaraan tidak bisa melintas lantaran lokasi sekitar jalan sangat labil. Dikhawatirkan jalan kembali ambrol.

Untuk menghindari kecelakaan, sejumlah tanda peringatan bahaya telah dipasang menuju jalan yang jebol tersebut. Hal ini dilakukan lantaran jalan tersebut selalu ramai oleh pengendara karena merupakan akses jalan untuk perekonomian warga setempat.

"Masyarakat berharap penanggulanan jebolnya akses jalan ini bisa segera ditanggulangi. Agar kerusakan tidak semakin parah," kata Ngakan Bagia, warga setempat.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: