Ahli WHO Sebut Virus Corona Mungkin Tak Bisa Hilang, Dunia Harus Berdamai

Anton Suhartono ยท Kamis, 14 Mei 2020 - 17:50 WIB
Ahli WHO Sebut Virus Corona Mungkin Tak Bisa Hilang, Dunia Harus Berdamai
Ilustrasi virus corona (Antara)

JENEWA, iNews.id - Virus Corona atau Covid-19 mungkin tidak akan pernah hilang dari muka bumi. Penduduk di dunia harus berdamai dan terbiasa hidup dengan virus mematikan itu.

“Ada virus baru yang masuk populasi manusia untuk pertama kalinya dan oleh karena itu sangat sulit memprediksi kapan kita bisa mengatasinya," kata Direktur Kedaruratan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Michael Ryan, di Jenewa, Swiss, dikutip dari AFP, Kamis (14/5/2020).

Pria yang juga ahli epidemi itu menilai, negara-negara yang sudah mengalami penurunan kasus virus corona sangat siginfikan, seperti China dan Korea Selatan pun tak bisa sepenuhnya memastikan telah terbebas dari virus mematikan ini.

"Virus ini mungkin akan menjadi endemi di lingkungan kita dan mungkin tidak akan pernah hilang," katanya.

Dia mengajak negara-negara untuk tetap menerapkan langkah keamanan, yakni pembatasan interaksi guna mencegah dampak terburuk, apalagi saat ini belum ada vaksin untuk menangani virus corona.

Sejauh ini vaksin merupakan satu-satunya harapan ke depan untuk bisa terbebas dari cengkraman Covid-19. Sayangnya, vaksin kemungkinan besar baru akan tersedia tahun depan.

"Ini peluang besar bagi dunia," kata Ryan.

Pria asal Irlandia itu menyebut untuk bisa mencapai kehidupan normal, dibutuhkan waktu sangat lama. Dan bila vaksin corona tersedia, harus bisa diakses semua kalangan di seluruh dunia.


Editor : Reza Yunanto