Ahli Virus Udayana Ingatkan SARS Cov-2 Bisa Bermutasi Jadi Lebih Ganas

Antara ยท Jumat, 30 April 2021 - 16:58:00 WITA
Ahli Virus Udayana Ingatkan SARS Cov-2 Bisa Bermutasi Jadi Lebih Ganas
Virus SARS Cov-2 akan bermutasi (Foto: Ilustrasi/Pixabay)

DENPASAR, iNews.id - Ahli virus atau virologi dari Universitas Udayana Bali I Gusti Ngurah Kade Mahardika menyebut virus SARS Cov-2 akan bermutasi. Mutasi virus bisa menimbulkan dua kemungkinan, yakni virus yang lebih ganas atau tidak ganas.

"Mutasi pasti akan terjadi pada virus. Peluangnya ada dua, menjadi ganas dan tidak ganas," kata Mahardika dalam diskusi daring bertema "Belajar dari India, Tingkatkan Kepatuhan Protokol Kesehatan Sekarang Juga", Jumat (30/4/2021).

Dia mengatakan,  mutasi virus SARS CoV-2 yang terjadi di India juga ditemukan di sebelas negara lainnya. Dia berharap mutasi virus tersebut di Indonesia tidak menjadi virus yang semakin ganas.

"Harapan saya virus itu bermutasi menjadi tidak ganas, jangan sebaliknya," ujarnya.

Mewaspadai mutasi virus tersebut, dia menyarankan masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat. Selain itu program vaksinasi lebih dipercepat.

"Pertama, kerumunan masa harus dihindari. Kedua, pemerintah segera mempercepat coverage vaksinasinya sehingga pandemi segera berlalu," ucapnya.

Melonjaknya kasus Covid-19 di India menurutnya juga karena euforia vaksinasi yang masih terlalu dini. Hal tersebut yang kemudian memicu terjadinya tsunami Covid-19

"Mudah-mudahan tidak terjadi di Indonesia karena vaksinasi di Indonesia masih sekitar 2,5 persen. Jadi jangan ada euforia vaksin," ucapnya.

Dia mengingatkan jika masyarakat abai terhadap protokol kesehatan maka dapat membuka potensi kenaikan kasus aktif dan akhirnya akan diikuti dengan angka kematian.

"Ketika ada kenaikan kasus maka akan diikuti letupan angka kematian, persis seperti yang terjadi di India saat ini," katanya.

Editor : Reza Yunanto