Adu Mulut dengan Petugas, Bule Rusia Tak Pakai Masker di Bali Dihukum Push Up

Bagus Alit ยท Rabu, 30 September 2020 - 10:31:00 WITA
Adu Mulut dengan Petugas, Bule Rusia Tak Pakai Masker di Bali Dihukum Push Up
Seorang warga negara Rusia terjaring razia protokol kesehatan di kawasan Kuta, Bali, Selasa (29/9/2020) malam. (iNews.id/Bagus Alit)

BADUNG, iNews.id - Seorang warga negara Rusia terjaring razia protokol kesehatan di kawasan Kuta, Bali. Sempat adu mulut dengan petugas, warga Rusia bernama Philip tersebut akhirnya bersedia menjalani hukuman push up.

Philip terjaring razia protokol kesehatan di kawasan Kuta, Badung, Bali pada Selasa (29/9/2020) malam. Dia dihentikan petugas gabungan yang melakukan razia karena berkendara motor tanpa menggunakan helm dan masker.

Dia sempat mengelabui petugas dengan berpura-pura tak bisa berbahasa Inggris. Petugas juga meminta dia memakai masker, namun menolak dengan sejumlah alasan.

Setelah melewati perdebatan yang panjang, warga Rusia itu bersedia menjalani sanksi push up sebanyak 10 kali.

"Agak sedikit komplain tadi. Tapi tidak masalah dan dia kooperatif," kata petugas Imigrasi Bali, Dodi Hari Wibowo yang ikut melakukan razia, Selasa (29/9/2020).

Dari hasil komunikasi petugas, warga Rusia tersebut sebenarnya membawa masker. Namun hanya ditaruh di jok motor dan tidak digunakan. Setelah diberi arahan, pria tersebut mau menggunakan masker.

"Tadi kita arahkan dan dia mau pakai maskernya," tuturnya.

Razia gabungan yang dilakukan oleh Satpol PP, TNI, Polri di kawasan yang ramai oleh wisatawan asing ini melibatkan petugas Imigrasi.

Hal itu dilakukan karena sejumlah WNA masih belum disiplin menjalankan protokol kesehatan. Beberapa kali razia yang digelar tim gabungan sering mendapati WNA yang berkendara tanpa menggunakan masker.

Dalam razia kali ini, tiga titik menjadi sasaran petugas yakni Pantai Kuta, Pasar Kuta, dan areal Patung Kuda-Tuban. Hasilnya, puluhan WNA terjaring karena tak memakai masker. Mereka diminta mengisi data karena melanggar peraturan.

Gencarnya razia protokol kesehatan di kawasan Kuta ini dilakukan salah satunya karena meningkatnya kasus Covid-19.


Editor : Reza Yunanto