get app
inews
Aa Text
Read Next : Incar Wisatawan Asia, 5 Destinasi Bali Baru Dipromosikan di Pameran Travel Thailand

40 Persen Turis India Berwisata ke Bali untuk Pesta Pernikahan

Sabtu, 25 Januari 2020 - 13:20:00 WITA
40 Persen Turis India Berwisata ke Bali untuk Pesta Pernikahan
Ilustrasi pernikahan di Bali (Foto: Instagram/Ayodolan)

JAKARTA, iNews.id - Memiliki deretan pantai yang indah, Bali kerap menjadi tempat liburan para wisatawan mancanegara. Bukan sekedar liburan, di antara wisatawan ini memilih Bali sebagai tempat pesta pernikahan, salah satunya turis asal India.

Data dari Bidang Pengembangan Pemasaran II Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyebutkan, 40 persen wisatawan asal India menggelar acara pernikahan di Bali.

"Sebanyak 40 persen wisatawan India berdatangan ke Bali untuk alasan pesta pernikahan dan bulan madu. Mereka menghabiskan waktu setidaknya sepekan," kata Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Nia Niscaya di kutip, Sabtu (26/1/2020).

BACA JUGA: Virus Korona Mewabah, Dinkes Bali Siapkan Stok 5.000 Tamiflu

Dia menjelaskan, dalam pameran South Asia Travel and Tourism Expo (SATTE) 2020 yang digelar pada 8-10 Januari 2020 lalu di Greater Noida, New Delhi, India, Indonesia sukses membukukan transaksi hingga lebih dari 2.593.050 dolar AS atau setara Rp37 miliar. Jumlah tersebut merupakan hasil pembelian 32.700 pax dari wisatawan asal India selama pameran berlangsung.

Menurut Nia, SATTE merupakan pameran prioritas di mana Indonesia selalu hadir untuk menarik wisatawan asal India dan sekitarnya datang ke Tanah Air.

"Pameran ini merupakan salah satu pameran B2B terbesar di India yang dihadiri oleh lebih dari 1.000 exhibitor dari lebih 50 negara. India merupakan pasar yang potensial dan terbesar di Asia Selatan. Di 2018, rata-rata spending 1.523,63 dolar AS dan Rata-rata lama tinggalnya 6,72 hari," katanya.

Asdep Pemasaran II Regional III Sigit Witjaksono mengatakan, ada kekuatan besar yang akan dikerahkan ke India. Total, ada 45 industri besar yang ikut diboyong ke Negeri Bollywood itu. Mayoritas masih mengedepankan Bali. Alasannya karena tiap tahun, Bali selalu dinobatkan sebagai destinasi terbaik dunia. Gelar itu banyak diberikan Lonely Planet, TripAdvisor, dan brand terkait wisata tingkat dunia lainnya.

BACA JUGA: Petugas Bandara Ngurah Rai Bali Dibekali Masker Cegah Penularan Virus Corona

"Wisman India menyumbang separuh lebih kunjungan wisman ke Tanah Air. Ke depannya akan dikembangkan strategi promosi Bali Plus atau Beyond Bali dengan menggandeng destinasi prioritas lain seperti Lombok, Labuan Bajo, dan Yogyakarta. Tentunya tetap disesuaikan dengan karateristik pasar India," ujar Sigit.

Indonesia yang tahun ini berpartisipasi sebagai Premium Partner Country menempati pavilion di hall 9 no A30. Di mana paviliun Indonesia diisi oleh 53 industri yang terdiri dari DMC, travel agent, hotel, airlines, travel planner, dan restoran.

Selain itu dilengkapi juga dengan hiburan seperti panggung mini yang diisi oleh penari tradisional Indonesia, barista yang menyuguhkan kopi dari beberapa wilayah Indonesia, pembatik yang memperagakan cara membatik pada para pengunjung, dan fasilitas foto 360 derajat untuk pengunjung.

Editor: Nani Suherni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya

iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut