10.000 Paket Daging Kurban Disebar di Bali Pakai Besek Gantikan Plastik

Antara ยท Jumat, 31 Juli 2020 - 16:37 WIB
10.000 Paket Daging Kurban Disebar di Bali Pakai Besek Gantikan Plastik
Sebanyak 10.000 paket daging kurban dikemas dalam besek dibagikan untuk umat Muslim di Bali, Jumat (31/7/2020). (Antara)

DENPASAR, iNews.id - Sebanyak 10.000 paket daging kurban disebar di 24 titik di Bali. Daging kurban tersebut dibungkus dengan besek untuk mengurangi sampah plastik.

"Pembagiannya dilakukan pada 24 titik wilayah Bali," kata Wakil Ketua Dewan Pimpinan Wilayah LDII Bali, Hardilan, Jumat (31/7/2020).

Dia mengatakan, besek untuk wadah daging kurban diperoleh dari para perajin besek di Bali dan Jawa Timur.

Wilayah yang menjadi target sebaran daging kurban tersebut yakni Kabupaten Jembrana, Gianyar, Buleleng, Badung, Karangasem, dan Kota Denpasar.

"Jumlahnya tidak berbeda, relatif sama. Masing-masing rumah kami bagikan sekitar setengah sampai 1 kilogram per besek," ujarnya.

Sementara itu, sistem pembagian hewan kurban di masing-masing titik tetap menerapkan protokol kesehatan. Setelah data penerima kurban masuk ke masing-masing kelurahan, kecamatan, kabupaten hingga provinsi, akan diakumulasikan dengan jumlah kurban yang akan dibagikan.

Penerapan protokol kesehatan ini menurutnya sesuai dengan Kementerian Agama yang telah mengeluarkan panduan Penyelenggaraan Salat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Kurban 1441 Hijriah/2020 M, menuju masyarakar produktif dan aman Covid-19.

Selain kepada umat Muslim, daging kurban yang telah dipotong-potong juga dibagikan kepada semeton krama Bali.


Editor : Reza Yunanto