Wisatawan mancanegara atau Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) tiba di Bandara Ngurah Rai beberapa waktu lalu. (Foto : Humas Bandara Ngurah Rai)
Chusna Mohammad

DENPASAR, iNews.id – Penghapusan karantina dan berlakunya VoA membawa angin segar bagi dunia pariwisata di Bali. Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati bahkan menyebut 1.500 wisatawan mancanegara (wisman) bakal datang ke daerahnya setiap hari. 

"Dengan bebas karantina dan VoA, kami perkiraan wisman yang datang mencapai 1.500 orang," katanya di Denpasar, Senin (7/3/2022). 

Wagub yang disapa Cok Ace ini mengatakan, dua kebijakan itu selama ini telah ditunggu pelaku pariwisata Bali. Hanya dengan dua aturan itu, pariwisata Bali bisa bangkit setelah dua tahun terpuruk akibat pandemi. 

Cok Ace meminta pelaku pariwisata di Bali ikut menjalankan kedua aturan itu sesuai SOP. "(Wisman) keluar dari bandara sudah tanggungjawab transportasi, hotel dan lainnya," katanya. 

Dia menyebut saat ini ada hotel dengan 6.000 kamar yang sudah bersertifikat CHSE. Jumlah itu jauh dari cukup untuk memenuhi kebutuhan wisman selama berada di Bali. 

Dia memprediksi tidak lama banyak wisman yang datang ke Bali. "Laporan yang saya terima, sejumlah negara sudah mengajukan penerbangan ke Bali," ujar Ketua PHRI Bali ini. 


Editor : Kastolani Marzuki

BERITA TERKAIT